3 Hal Pemicu Aksi Bunuh Diri

KEHIDUPAN masyarakat modern atau kaum urban semakin rentan terpapar stres. Sejumlah kasus bunuh diri lompat dari apartemen seringkali terjadi beberapa belakangan waktu terakhir.

Kemarin, seorang perempuan muda berinisia W (23) nekat mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis dengan melompat dari Apartemen Bellagio dari lantai 26.

Dugaan awal W nekat mengakhiri hidupnya karena stres. W ditinggal ibunya dan membuatnya depresi.

Pengamat Sosial Universitas Indonesia (UI), Devie Rahmawati menjelaskan, setidaknya beberapa aktor utama yang mendorong seseorang melakukan tindakan bunuh diri.

“Memang kondisi kehidupan modern di mana terjadi paradoks hidup dalam kesendirian di tengah keramaian. Individu rentan terhadap stres.
Pemicu stres bisa karena kondisi internal seseorang seperti sedang sakit atau persoalan eksternal salah satunya keluarga,” kata Devie kepada JawaPos.com, Jumat (25/8/2017).

Devie merangkum setidaknya ada tiga hal yang menjadi dorongan utama, berikut penjelasannya:

1. Manusia Modern

Khususnya seseorang yang tinggal di kota besar, hidup dalam situasi paradoks, yaitu sendirian dalam keramaian. Mereka hidup dalam lalu
lintas informasi yang bising melalui media internet. Namun secara nyata mereka kesepian.

2. Kesepian

Kesepian ini terjadi karena manusia modern hidup terpisah dari orang orang terdekat mereka. Mereka bisa tidak mengenali tetangga di depan, belakang dan kanan kiri mereka. Sehingga ketika mereka memperoleh musibah, mereka tidak memiliki orang orang yang siap mendengar dan membantu mereka menyelesaikan masalahnya.

3. Faktor Tak Langsung

Selain itu ketika di media banyak diberitakan terjadi kasus bunuh diri, secara tidak langsung, pemberitaan tersebut menjadi rujukan dan contoh penyelesaian masalah bagi sebagian kecil orang. Terjadi proses imitasi secara tidak langsung.

(ika/JPC/gob)



loading...

Feeds

IMG_20170918_082345

Anggota Kodim 0509 Dites Urine

DANDIM 0509 Kabupaten Bekasi berharap anggotanya tidak terlibat dalam narkoba, baik sebagai pemakai apalagi pengedar. Hal itu diungkapkannya saat tes …