3 Jembatan di Kabupaten Bekasi Gagal Lelang

Salah satu proyek pembangunan jembatan layang mangkrak di Tegal Gede, Kabupaten Bekasi. Foto: Dok/Radar Bekasi

Salah satu proyek pembangunan jembatan layang mangkrak di Tegal Gede, Kabupaten Bekasi. Foto: Dok/Radar Bekasi

TIGA megaproyek infrastruktur pembangunan jembatan di Kabupaten Bekasi terancam tidak terealisasi karena gagal lelang. Adapun jembatan tersebut, diantaranya Jembatan Tegal Gede, Jembatan Pasir Bakti, dan Jembatan Rengas Dengklok, Kabupaten Bekasi.

Gagalnya pembangunan tiga jembatan tersebut, menjadi salah satu penyebab penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) rendah.

Kepala Seksi Perencanaan Jembatan dan Jalan Dinas Perkerjaan Umum Penataan Tata Ruang (PUPR), Toni Dartoni mengakui, ada tiga kegiatan pembangunan jembatan yang gagal lelang lantaran masalah teknis. Namun demikian, dirinya tidak mengetahui secara teknis kenapa bisa gagal lelang.

”Proses lelang memang sudah kami lakukan secara administrasi beberapa bulan lalu, tapi kegiatannya tidak bisa terealisasi lantaran ketiganya dinyatakan gagal lelang,” ujar Toni kepada Radar Bekasi (Grup Gobekasi), Senin (21/8/2017).

Toni menjelaskan, karena waktu untuk pengerjaannya masih mencukupi, sehingga dilakukan kembali pelelangan melalui mekanisme tahap evaluasi.

”Anggaran ketiga kegiatan itu cukup besar, yakni sekitar Rp70 miliar. Diantaranya, Jembatan Tegal Gede Rp24 miliar, Jembatan Pasir Bakti Rp24 miliar, dan Jembatan Rengas Dengklok Rp37 miliar sesuai pagu anggaran. Tapi, yang bisa digunakan hanya sekitar Rp24 miliar,” ujar Toni.

Ia meyakini, anggaran pembangunan jembatan yang sudah direncanakan itu akan berjalan, sebab dananya sudah ada.

”Ketiga jembatan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai akses transportasi dan fasilitas umum. Jadi, kami yakin awal bulan September, kalau tidak gagal lelang, Surat Perintah Kerja (SPK) sudah bisa turun,” bebernya. (and/pj/gob)



loading...

Feeds

Majelis Ulama Indonesia (MUI). Foto: Dok/Jpnn

10 Perwakilan MUI Datangi Kedubes AS

POLDA Metro Jaya bakal memfasilitasi pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) bertemu perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Itu dilakukan Polda sekaligus …