Jalan Raya Kalimalang Bakal Kena Imbas Penerapan Ganjil-Genap Tol Bekasi-Cawang

(Ilustrasi) Berbagai kendaraan pemudik yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek KM 32, Sabtu (2/7/2016). (FOTO: Dokumentasi GoBekasi/Rezza)

(Ilustrasi) Berbagai kendaraan pemudik yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek KM 32, Sabtu (2/7/2016). (FOTO: Dokumentasi GoBekasi/Rezza)

WACANA Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menerapkan sistem ganjil genap di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mendapatkan tanggapan negatif.
BTJP memberlakukan sistem itu, dengan alasan agar dapat mengurai kepadatan yang terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek hingga 50 persen.
Mengingat, saat ini, ada 3 megaproyek besar yang Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Adalah, Light Rail Transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT) dan Tol Elevated.
“Mengatasi kemacetan tidak semudah dengan wacananya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, Senin (21/8/2017).
Yayan mengaku kalau saat ini pihaknya memikirkan dampak yang ditimbulkan jika wacana penerapan ganjil genap di Tol Jakarta-Cikampek diberlakukan.
Menurut dia, yang paling terkena imbasnya, ialah ruas jalan arteri yaitu sepanjang KH-Noer Ali-Kalimalang.
Jalur tersebut merupakan jalan menuju ke Jakarta yang biasa digunakan masyarakat baik pengguna sepeda motor maupun mobil.
“Itu adalah Jalur alternatif menuju DKI Jakarta yang memang banyak digunakan pengguna jalan,” kata Yayan.
Sementara di ruas jalan tersebut kini terjadi penyempitan karena adanya sejumlah proyek, seperti pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, dimana harus ada pengalihan arus sepanjang 600 meter di Bekasi Barat.
“Belum lagi ada penyempitan karena pengerjaan turap Kalimalang,” tutur Yayan.
Ihwal permintaan BPTJ yang meminta Bekasi menyiapkan kantong parkir di sekitar ruas jalan tol, Yayan enggan berkomentar. Saat ini, kata dia, pihaknya masih fokus melakukan kajian atas rencana dari BPTJ tersebut. (kub/gob)


loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …