Please Deh, Jangan Pakai Lampu Alay, Bahaya..

Lampu Alay. (Foto: squarespace.com)

Lampu Alay. (Foto: squarespace.com)

NIATNYA sih baik. Ingin tampil keren dan menyenangkan pengguna jalan lain. Namun, kalau ujung-ujungnya justru membahayakan, sebaiknya ya dihindari saja.

Melaju kencang membelah aspal dengan mobil atau motor keren, tentu menjadi idaman semua orang. Terlebih kaum Adam. Selain gagah, mobil atau motor keren, juga bisa menunjukkan karakter dan kepribadian pemiliknya.

Sehingga tidak heran, banyak pria yang selalu ingin kendaraan yang ditungganginya tampil beda. Syukur-syukur jika ada yang memuji. Apalagi yang memuji itu cewek cantik yang akhirnya ikut kepincut ingin naik.

Mereka tidak segan mengoprek tunggangannya yang standar pabrik, dengan beberepa sentuhan dan pernak-pernik pada kendaraannya. Namun, tidak jarang banyak pemilik kendaraan bermotor yang hanya menunjukkan sisi kerennya saja, dan memilih mengabaikan keselamatan mereka sendiri. Sebab, seringkali modifikasi kendaraan yang mereka lakukan, melebihi batas aman. Modifikasi itu justru mengganggu berkendara orang lain dan  juga seringkali melanggar aturan.

Persoalan lampu, misalnya. Ketika kita berkendara di tol pada malam hari, tak jarang sejumlah mobil justru menyalakan lampunya dengan  ‘main-main’. Lampu yang standar pabrik dan sudah memenuhi aturan, eh malah diubah. Diganti dengan  lampu putih dengan kilau maksimal seperti HID (high intensity dishage) dan (LED) light emitting diode.

Dua lampu itu memang bisa membuat mobil berpenampilan lebih gagah dan mewah. Tapi, penggunaannya yang tak sesuai dengan standar, justru malah menganggu pengguna jalan lain. Apalagi kalau jalanan sedang diguyur hujan.

“Lampu yang tingkat cahaya putihnya berlebihan, justru dapat memantulkan pancaran seperti cermin. Dan itu membahayakan. Jangan alay lah,” kata Wahyudi, salah satu pengguna jalan.

(sb/yua/jek/jpr/gob)



loading...

Feeds

IMG_20170918_082345

Anggota Kodim 0509 Dites Urine

DANDIM 0509 Kabupaten Bekasi berharap anggotanya tidak terlibat dalam narkoba, baik sebagai pemakai apalagi pengedar. Hal itu diungkapkannya saat tes …