Insiden Bendera Terbalik di Brosur Sea Games, Menlu Bereaksi Keras

(Ilustrasi) Salah seorang pedagang sedang memajang bendera Sang Saka Merah Putih di Jalan Yos Sudarsono, Kecamatan Cikarang Utara. CR29/RADAR BEKASI

(Ilustrasi) Salah seorang pedagang sedang memajang bendera Sang Saka Merah Putih di Jalan Yos Sudarsono, Kecamatan Cikarang Utara. CR29/RADAR BEKASI

KEMENTERIAN Luar Negeri menyesalkan terjadinya insiden bendera Indonesia yang ditampilkan terbalik dalam ajang Sea Games di Malaysia. Insiden itu terjadi pada brosur Sea Games di mana bendera Indonesia ditampilkan terbalik menjadi putih merah.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir menjelaskan terkait insiden bendera terbalik tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan kekecewaannya. Pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur dan Menteri Luar Negeri Malaysia.

“Menlu RI telah komunikasi hal ini dengan Menlu Malaysia semalam dan juga dengan KBRI Kuala Lumpur,” kata pria yang akrab disapa Tata itu, Minggu (20/8).

KBRI Kuala Lumpur juga telah menyampaikan nota diplomatik sebagai ungkapan kekecewaan. Melalui pernyataan resmi Komite SEA Games dan Menpora Malaysia telah menyampaikan permintaan maaf dan berjanji akan melakukan koreksi.

“Permintaan maaf juga telah disampaikan oleh Menpora Malaysia di twitter kepada Menpora RI Imam Nahrawi,” kata Tata.

Selain itu, Menpora Malaysia juga telah meminta waktu untuk bertemu Menpora Imam Nahrawi di Kuala Lumpur terkait hal ini. Pasalnya, kejadian ini mencoreng penyelenggaraan Sea Games dan menimbulkan kecaman dari warganet karena dianggap sebagai penghinaan simbol negara.

(ika/JPC)



loading...

Feeds

IMG_20170918_082345

Anggota Kodim 0509 Dites Urine

DANDIM 0509 Kabupaten Bekasi berharap anggotanya tidak terlibat dalam narkoba, baik sebagai pemakai apalagi pengedar. Hal itu diungkapkannya saat tes …