Cerita Pemuda Sukadanau dan Tugu Bambu Runcing

Tugu Bambu Runcing terletak tepat di tengah pertigaan Warungbongkok, Sukadanau, Cikarang Barat. (Foto: Andi Saddam Husein/GoBekasi)

Tugu Bambu Runcing terletak tepat di tengah pertigaan Warungbongkok, Sukadanau, Cikarang Barat. (Foto: Andi Saddam Husein/GoBekasi)

SEJUMLAH pemuda Sukadanau dan Telagamurni tampak menduduki pondasi sebuah tugu sebilah bambu runcing yang berdiri tegah di tengah pertigaan Warungbongkok malam hari. Mereka meletakkan segelas-plastik kopi dan duduk sembari mengisap sepuntung rokok.

Ketika ada kendaraan besar dari utara Jalan Imam Bonjol, pun dari barat Jalan Warungbongkok, mereka berdiri mengatur lalu-lintas. Membantu agar truk atau sekadar mobil minibus dapat menyeberang dengan lancar di pertigaan tersebut. Kehadiran lampu lalu-lintas tampak tak terlalu berpengaruh.

Kalau sepi, mereka kembali duduk di tugu tersebut, bisa sambil menyeruput kopi, mengecek ponsel atau mengobrol. Tempat mereka duduk itulah Tugu Bambu Runcing berdiri.

“Iya, dulu di sini bersejarah. Pernah terjadi perang di sini, jaman kemerdekaan,” ucap seorang pemuda yang tiba-tiba menghampiri. Lanjutnya, “Kita sih gak tau pasti perang apa, kalau yang tua-tua pada tau,” ucapnya.

Di sebelah barat, tepatnya di bawah, terdapat prasasti kecil bertuliskan:

Tugu ini dibuat untuk mengenang jasa para pejuang dari penjajahan yang pernah mengoyak-ngoyak negeri ini dan Semangatnya akan terus membaca untuk generasi berikutnya.

KARANG TARUNA BUNGA BANGSA

SUKADANAU CIKARANG-BARAT

17-08-2004

Menurut salah satu pemuda, belakangan ini banyak masyarakat yang memotret tugu tersebut. “Iya, banyak yang motret dari kemaren-kemaren, tadi pagi juga ada.”

Ketika ditanya mengenai tugu tersebut, ia mengaku tidak tahu. “Bersejarah ini, tapi saya gak tau. Dengernya perang atau apa gitu,” ucapnya.

Pengendara motor yang selalu berkomuter Bekasi-Cikarang atau Karawang via Pantura, pasti akrab dengan tugu setinggi 2,5 meter ini karena lokasi mencolok, tepat di tengah pertigaan Warungbongkok.  (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …