Dewan Komentari Respons Lambat Terhadap Penderita Gizi Buruk di Cikarang

Kunjungan Wakil KPAD Kabupaten Bekasi dan anggota DPRD Kabupaten Bekasi ke kediaman Nakim di Desa Mekarwangi, Cikarang Barat, Selasa (15/8/2017). (Foto: Ist)

Kunjungan Wakil KPAD Kabupaten Bekasi dan anggota DPRD Kabupaten Bekasi ke kediaman Nakim di Desa Mekarwangi, Cikarang Barat, Selasa (15/8/2017). (Foto: Ist)

REMAJA penderita gizi buruk, Nakim (19), yang tinggal bersama orang tuanya yang mengalami stress akhirnya mendapat perhatian dari sejumlah kalangan. Pada Selasa (15/8/2017) atau bertepatan dengan hari jadi ke-76 Kabupaten Bekasi, Nakim kedatangan rombongan Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) dan Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi.

Anggota Komisi IV dari PKS, Fatma Hanum, mengaku kehadirannya untuk memantau kondisi Nakim dan ayahnya, Idi yang mengalami gangguan jiwa.

“Kita kan  di sini sebagai mitra dari PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak). Otomatis kita akan memantau,” ucapnya.

Ia menyayangkan, sang ayah yang tengah menderita gangguan jiwa dapat merawat anak yang sedang mengalami gizi buruk.

Lihat juga ini: FOTO-FOTO Evakuasi Nakim ke Rumah Sakit

“Ini kan sebagai pertanyaan besar. Seorang bapak yang mengalami gangguan kejiwaan, tapi merawat sang anak. Otomatis kan ini sebagai pertanyaan,” jelasnya.

Ia sempat menyinggung pihak kecamatan dan desa yang baru mengambil langkah setelah belasan tahun Nakim dan Idi mengalami sakit. Alasan seperti tidak ada badan sosial menurutnya tidak dapat dijadikan hujan.

“Pembangunan di Kabupaten Bekasi cenderung secara fisik saja. Nah, itu yang harus kita perhatikan. Ini sebagai bukti bahwa pembangunan kita hanya ajang infrastruktur saja. Harusnya ada pembangunan yang sifatnya kejiwaan, karena orang sehat tak hanya fisik saja, juga jiwa,” tutup Fatna.

Nakim dibawa ke RSUD Kabupaten Bekasi untuk mendapatkan perawatan intensif, sementara ayahnya dibawa ke Panti Rehabilitasi Mental Yayasan Al-Fajar Berseri di bilangan Sumberjaya, Tambun Selatan. (lea/gob)



loading...

Feeds

Ilustrasi vaksin. (Foto: vaccineressitancemovement)

3 Tahap Vaksinasi Difteri

ADA beberapa tahapan agar anak-anak terhindar dari penyakit Difteri yang saat ini masuk dalam Kejadian Luar Biasa (KLB) di Jawa …