Wacana Motor Dilarang Lewat Jalan Ahmad Yani, Kadishub: Sedang Kita Kaji

(Ilustrasi) Untuk menjaga estetika kota, Pemerintah Kota Bekasi, menolak pembangunan jalur tol Becakayu melalui Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.  Andi/Radar Bekasi

(Ilustrasi) Untuk menjaga estetika kota, Pemerintah Kota Bekasi, menolak pembangunan jalur tol Becakayu melalui Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan. Andi/Radar Bekasi

DINAS Perhubungan Kota Bekasi tampaknya akan benar–benar menolak jika sepeda motor dilarang melintas di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan. Pasalnya, ada sejumlah alasan yang mengharuskan kendaraan sepeda motor melalui jalan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, aktivitas masyarakat Kota Bekasi cenderung melewati jalur tersebut. Apalagi, jalan itu tidak sebesar jalan yang ada di Jakarta.

Menurut dia, tentu bisa saja kendaraan dilarang melintas di jalan tersebut. Akan tetapi, harus diperhatikan di Jalan Ahmad Yani terdapat pusat perbelanjaan, rumah sakit, bank, dan tempat yang biasa dituju masyarakat Kota Bekasi.

’’Itu sedang kita kaji, memang kita merencanakan untuk mengurangi beban jalan, tapi kita harus kaji betul – betul. Seluruh aktivitas Kota Bekasi melalui Jalan Ahmad Yani, resistensinya sangat tinggi dan intensitas lalu lintasnya tinggi, tingkat kepadatan lalu lintas tinggi,” ujarnya.

 

Ia menyatakan akan melakukan kajian lebih dalam jika larangan sepeda motor benar-benar diberlakukan di jalan tersebut. Ia pun akan melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Metro Bekasi terkait dengan wacana tersebut.

”Bukan menolak (larangan sepeda motor lewati Ahmad Yani), tapi harus dikaji dengan matang dan kami akan koordinasi dengan pihak terkait,” ucapnya.

Sebelumnya, Rencana pelarangan sepeda motor melintas di jalan protokol guna mengurai kemacetan kota, menuai penolakan. Di Kota Bekasi, rencana tersebut bakal diterapkan di Jalan A. Yani.

Wacana larangan motor melintas di Jalan A. Yani tersebut diketahui muncul dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam Forum Group Discussion (FGD), Rencana Umum Pengendalian Pembatasan Sepeda Motor di Jabodetabek di Menara Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (8/8). Kemacetan di Jalan A. Yani dianggap memberi sumbangan kemacetan untuk Jakarta.

Menanggapi rencana tersebut, Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB), menolaknya dengan alasan kebijakan tersebut tidak akan mengurangi kemacetan di Kota Bekasi.

(neo/pj/gob)



loading...

Feeds

Pentas seni di SMAN 12 Bekasi, Minggu (17/12/2017). (Foto: Ist)

Pensi SMAN 12 Bekasi Meriah

SMP Negeri 12 Kota Bekasi menyuguhkan kegiatan Fun Walk dan Pensi, kegiatan bertemakan asah-kreativitas ini merupakan bentuk apresiasi pihak sekolah …
(Ilustrasi) ASN Kabupaten Bekasi kembali ke kantornya masing-masing setelah apel pagi, Senin (10/4). Jual beli jabatan di kalangan ASN kini menjadi rahasia umum. (Raiza/Radar Bekasi)

ASN Kabupaten Bekasi Dilarang Cuti karena…

DALAM rangka memaksimalkan penyerapan di Kabupaten Bekasi, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi, Uju, akan memberikan ultimatum kepada para pemangku jabatan …