Pilkada 2018, 6 Bulan Kursi Walikota Bekasi Akan Dipimpin Plt

Ilustrasi pilkada. (Foto: Jawa Pos)

Ilustrasi pilkada. (Foto: Jawa Pos)

KURSI Wali Kota Bekasi diprediksi akan kosong pada 2018, di saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah, atau Pilkada terhitung sejak masa kampanye hingga pemilihan sekitar 6 bulan.

Sebab, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi akan maju dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota Bekasi 2018. Sedangkan Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu mencalonkan di Pemiluhan Gubernur Jawa Barat. 

Selain itu, pasangan kepala daerah Kota Bekasi itu berakhir pada 9 Maret 2018 mendatang.” Pak Rahmat Effendi dan Ahmad Syaikhu masa jabatannya habis di 9 maret 2018, Dua bulan lebih menjelang pilkada. Selanjutnya, akan ditunjuk penanggung jawab atau pelaksana tugas wali kota hingga pilkada dilaksanakan,” Kata ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi.

Lanjutnya, hal tersebut sesuai dengan Pasal 201 Perppu 1/2014 tentang Pilkada Langsung.

dengan aturan perppu tersebut, cukup banyak daerah yang akan dipimpin pejabat sementara termasuk Kota Bekasi.

Meski cukup harus dipimpin pejabat sementara, menurut Ucu, tidak akan mengganggu jalannya pemerintah daerah. Karena atas izin Mendagri, sekda atau plt terpilih yang ditunjuk tetap bisa mengeluarkan kebijakan strategis.

Menyikapi hal tersebut, Rahmat Effendi menanggapi santai akan adanya kekosongan kursi kepemimpinan. “Itu kan hak politik Individu. Negara ini sudah punya sistemnya, Kalau Wali Kotanya enggak ada, diganti wakil. Kalau enggak ada, diganti Sekda. Kalau ketiga-tiganya enggak ada, maka Wali Kota digantikan Plt dari Provinsi (Jawa Barat) atau penunjukan langsung dari Kemendagri,” katanya.

Pria yang akrab disapa Bang Pepen ini memastikan, proyek pembangunan di sisa akhir jabatan tidak akan molor, meski dirinya dan Ahmad Syaikhu jabatannya berakhir saat masa Pilkada.”Enggak khawatir, kan sudah ada sistem,” jelasnya.

Diketahui, Tahapan Pilkada 2018 akan dimulai pada Agustus 2017, dengan agenda menyiapkan regulasi teknis, sosialisasi, menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Pada September 2017, KPU bertugas membentuk Badan Penyelenggara Pemilu hingga tingkat kelurahan. Pada Oktober 2017, berlanjut pada pemutakhiran data Pilkada. Pada Desember 2017, penyerahan daftar dukungan.

Sedangkan di Januari 2018, dimulainya pendaftaran pasangan calon. Pada Februari 2018, penetapan pasangan calon. Sedangkan di Maret sampai dengan Juni 2018, di antaranya, penetapan pasangan calon, kampanye, dan pengadaan logistik. Sedangkan di 27 Juni 2018, pemungutan suara. (lea/gob)



loading...

Feeds

Rapat Paripurna Penetapan APBD-P Kota Bekasi, Kamis (19/10/2017). (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

Sah! APBD-P Kota Bekasi Rp5,7 Triliun

ANGGARAN Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2017 Kota Bekasi disahkan dalam rapat paripurna, Kamis (19/10/2017). Dalam rapat tersebut DPRD …