Pemkot Bekasi Keberatan Jalan Dewi Sartika Jadi Dewi Persik

Jalan Dewi Sartika Kota Bekasi

Jalan Dewi Sartika Kota Bekasi

PEMKOT Bekasi akhirnya menyurati Google Indonesia terkait dengan perubahan nama Jalan Dewi Sartika menjadi Jalan Dewi Persik di Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur yang ada di Google Maps, Senin (7/8/2017).

Surat tersebut dikirimkan Kepala Diskominfostandi Kota Bekasi, Titi Masrifahati. Perempuan berhijab dan berkacamata ini menjelaskan, pihaknya baru mengetahui informasi tersebut pada Sabtu 5 Juli 2017.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, pihaknya melakukan pelacakan terkait kapan dimulainya perubahan nama tersebut. Ternyata, perubahan nama pahlawan menjadi penyanyi dangdut itu sudah terjadi sejak 30 Juli 2017 lalu.

“Pada saat itu juga, kami di Kota Bekasi punya unit kerja reaksi cepat. Kami langsung mengajukan untuk di-review tapi melalui akun, sampai saat ini belum ditindaklanjuti oleh Google,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/8/2017).

Karena tidak ada respon dari pihak terkait, maka pihaknya langsung menyampaikan keluhan secara tertulis melalui pos-el dan surat resmi ke Google.

“Karena kemarin hari libur, kita melalui Google – nya memberi masukan melalui aplikasinya. Kemudian pada hari ini kami sedang proses untuk membuat surat baik itu secara langsung atau melalui pos-el,” ujarnya.

Ia mengaku pihaknya keberatan dengan adanya perubahan nama tersebut. “Keberatan karena itu nama pahlawan kemudian juga nama jalan sudah di Perda kan oleh Pemerintah Kota Bekasi,” katanya.

Disinggung soal penyebab kejadian tersebut karena hacker (peretas), menurutnya mungkin saja hal tersebut terjadi.

“Kemungkinan itu bisa terjadi, karena memang yang saya amati kalau Google itu open source ya. Tapi juga tidak serta merta setiap individu bisa merubah itu kecuali pada beberapa institusi ataupun lembaga atau pemerintah daerah yang bekerja sama dengan Google Maps. Untuk Kota Bekasi, kami belum kerjasama dengan Google Maps,” tutupnya. (neo/pj/gob)



loading...

Feeds