Jelang Pilkada Kota Bekasi, Petahana Dilarang Mutasi Pejabat!

Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi.

KEPALA daerah dilarang melakukan mutasi jabatan terhadap jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN). Utamanya bagi kepala daerah yang hendak maju lagi dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bekasi 2018 mendatang.

Larangan ini terhitung sejak enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon (paslon) sampai dengan akhir masa jabatannya. Jika tetap melakukan mutasi, maka akan diberi sanksi yang cukup berat.

“Sanksinya adalah, petahana dinyatakan tidak memenuhi syarat pencalonannya,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi, kemarin.

Dia mengungkapkan, syarat itu mendasari pedoman teknis pencalonan dalam Pilwalkot Bekasi Tahun 2018 yang merujuk pada Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2018.

Dalam ketentuan lain soal bakal calon (balon) petahana disebutkan, dilarang melakukan pergantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penetapan paslon sampai dengan akhir masa jabatan.

Selain larangan tersebut, lanjut dia, balon petahana juga dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan pemerintah daerah untuk kegiatan pemilihan enam bulan sebelum tanggal penetapan paslon sampai dengan penetapan paslon terpilih.

“Menggunakan program pemerintah juga tidak boleh. Itu bisa kena semprit,” ujar Ucu.

Dijelaskan Ucu, pelaksanaan tahapan Pilwalkot Bekasi dimulai 27 September 2017, yang diawali dengan perencanaan program dan anggaran. Tahapan dilanjutkan dengan pembentukan PPK, PPS, dan KPPS 12 Oktober hingga 3 Juni 2018.

Sedangkan, pemutahiran data dan daftar pemilih dilakukan pada 30 Desember 2017 hingga tanggal 27 Juni 2018.

“Pendaftaran pasangan calon dilakukan pada 8 Januari 2018. Selanjutnya, pemungutan suara dilakukan pada 27 Juni 2018,” pungkas Ucu. (sar/pj/gob)



loading...

Feeds

20171121_095837

Kenangan Terakhir dengan Laila Sari

MASIH belum hilang kenangan terakhir Darsih bersama kakaknya, almarhumah Laila Sari. Terlebih, sebelum sang kakak mengembuskan nafas terakhirnya, dia masih …
PPP Tetap Komit Dukung Rahmat Effendi

Sholihin Kokoh Didukungan 17 Kursi

KETUA DPC PPP Kota Bekasi, Sholihin mendapat dukungan lima partai untuk maju pada Pilkada Kota Bekasi 2018 mendatang. Partai-partai tersebut …
JPNN

Shireen Sungkar Minta Doa Masyarakat

PASANGAN artis Shireen Sungkardan Teuku Wisnu belum lama ini merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang keempat. Di momen spesial ini, …