Golkar Belum Tentukan Pendamping Pepen

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat menyantap hidangan sate dan sop kambing di Kawasan Wiskul, Rabu (16/03/2017). FOTO: Muhammad Yakub/GoBekasi

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat menyantap hidangan sate dan sop kambing di Kawasan Wiskul, Rabu (16/03/2017). FOTO: Muhammad Yakub/GoBekasi

SEJAK resmi mendapat rekomendasi dari DPP Golkar untuk kembali maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mulai selektif mencari pendampingnya.

Partai Gerindra Kota Bekasi dikabarkan termasuk salah satu partai yang diminta untuk mempersiapkan nama untuk digaet menjadi bakal calon (balon) wakil wali kota.

Hal ini mencuat paska pertemuan Ketua DPD II Golkar Kota Bekasi, Rahmat Effendi dengan Ketua DPC Gerindra Kota Bekasi, Ibnu Hajar Tanjung disalah satu mal di Kota Bekasi, beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan itu, Gerindra diminta menyiapkan nama untuk mendampingi pria yang akrab disapa Bang Pepen ini.

Sekjen Gerindra Kota Bekasi, Boy David Taga tidak membantah juga tidak membenarkan hal itu.

Ia hanya mengaku bahwa komunikasi dengan semua partai politik (parpol) memang terus dilakukan, termasuk dengan Golkar.

“Memang ada pertemuan dengan beberapa parpol, termasuk Golkar untuk membangun komunikasi politik, dan itu perlu. Politik itu kan sangat dinamis. Semua bisa terjadi,” kata Boy kepada awak media, kemarin.

Dijelaskan Boy, partainya saat ini memang tengah fokus mengusung balon wali kota. Ada beberapa nama yang sudah daftar, yakni Anggawira, Haikal, Dial Hasan, dan Ibnu Hajar Tanjung.

“Kami masih menunggu hasilnya, siapa yang akan diusung dari Gerindra. Bagi yang lolos itu nanti akan kami calonkan menjadi wali kota atau wakil wali kota,” terang Boy.

Hal senada juga disampaikan Ketua Bapilu Golkar Kota Bekasi, Maryadi. Menurut dia, Golkar tetap membuka diri untuk menjalin komunikasi dengan semua partai, salah satunya Partai Gerindra.

“Yang penting ada kesamaan visi dan misi. Kami menjalin komunikasi dengan semua parpol, termasuk Gerindra. Tapi untuk siapa yang akan mendampingi Pak Rahmat Effendi, belum ada keputusan,” ucap Maryadi

Pengamat Politik, Indra Permana tidak menampik jika Rahmat Effendi diberi kewenangan untuk memilih pendampingnya (calon wakil wali kota). Namun ia memprediksi, calon yang akan dipilih Pepen adalah figur yang mendukung pencalonannya.

“Bang Pepen itu sudah populer di Bekasi, dia sangat percaya diri menang. Karena itu dia akan pilih wakil yang banyak modal capital dan sosialnya untuk membantu biaya kampanye,” ujar Indra yang sempat menjabat Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Kota Bekasi ini.

Ia menilai, Pepen sangat dimungkinkan memilih bakal calon dari Gerindra Kota Bekasi. Jika Gerindra yang akan dipinang menjadi wakil wali kota, Indra memprediksi, Gerindra akan menyodorkan Anggawira. Dari calon yang sudah mendaftar lewat partai besutan Prabowo Subianto ini, peluang Anggawira mendapat rekomendasi dari DPP Gerindra cukup besar.

Menurutnya, Anggawira memiliki jam terbang yang tinggi. Dalam konteks politik, ia pernah menjadi juru bicara (jubir) Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta, dan memiliki akses luas di DPP Gerindra. Ditambah lagi posisi Aggawira sebagai wakil ketua DPD Gerindra Provinsi Jawa Barat.

“Saya dengar Anggawira juga pengusaha. Jadi tidak menutup kemungkinan Pepen akan meminangnya sebagai wakil wali kota di Pilkada Kota Bekasi 2018 mendatang,” tukas Indra.

(sar/pj/gob)



loading...

Feeds