Dirjen Pajak Kanwil Jabar Sandera Perusahaan Penunggak Pajak

Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi GoBekasi)

Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi GoBekasi)

KANTOR Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat II melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karawang Selatan, akhirnya bersikap tegas terhadap Wajib Pajak (WP) nakal.

Tunggangan pajak sebesar Rp1,9 miliar yang belum dilunasi PT CTM berujung ke jeruji besi. Dua orang penanggung jawab perusahaan itu disandera (gijzeling) dan dikirim ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Karawang.

Kepala KPP Pratama Karawang Selatan Freddy Hasiholan Sianipar menjelaskan bahwa pihaknya telah mengajukan izin tindakan penyanderaan atas dua orang penanggung pajak PT CTM kepada Menteri Keuangan pada 9 Mei 2017 lalu.

“Penyanderaan TND dan SNS yang menjabat sebagai Direktur Utama dan Komisaris di PT CTM telah merujuk sesuai ketentuan dalam Undang Undang nomor 19 Tahun 2000 tentang penagihan pajak dengan surat paksa,” jelasnya, kemarin.

Menurut Freddy, sebelum dilakukan penyanderaan telah dilakukan beberapa tindakan penagihan secara persuasive terhadap penunggak pajak, mulai dari penerbitan surat teguran (ST), surat paksa (SP), surat perintah melakukan penyitaan (SPMP), pemblokiran rekening, bahkan pencegahan WP ke luar wilayah Indonesia.

Upaya tersebut, imbuhnya, sudah dilakukan sejak 2013 sampai 2017. Namun, belum ada itikad baik WP untuk membayar tunggakannya, sehingga dilakukan upaya penegakan hukum (law enforcement) terakhir berupa penyanderaan untuk memaksa para penunggak agar melunasi hutang pajaknya.

’’Diketahui WP masih memiliki harta yang cukup untuk melunasi hutang pajaknya,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BIdang Pemeriksaan, Penagihan, Intelijen, dan Penyidikan Kanwil DJP Jawa Barat II, Ade Lili menyampaikan bahwa penunggak pajak tersebut akan langsung dibebaskan jika hutang pajaknya telah dilunasi.

’’Tindakan gijzeling ini untuk memberikan efek gentar kepada WP yang memiliki hutang pajak,” pungkasnya.

(oke/pj/gob)



loading...

Feeds

Pembangunan tribun lapangan multiguna, Bekasi Timur, Jumat (24/11/2017). (Foto M Yakub)

Stadion Mini Multiguna Mulai Digarap

PEMERINTAH Kota Bekasi kembali memulai bangun kursi penonton di Stadion Mini Multiguna, Bekasi Timur. Pantauan GoBekasi, yang terbangun hanya baru …