Cegah Korupsi, Inspektorat Minta PNS Segera Lapor Harta Kekayaan

Upacara Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di halaman plaza Pemkot Bekasi. Foto: Dokumentasi/Radar Bekasi

Upacara Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di halaman plaza Pemkot Bekasi. Foto: Dokumentasi/Radar Bekasi

APARATUR Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Bekasi diminta untuk segera melaporkan harta kekayaan melalui berkas yang disediakan Inspektorat Kota Bekasi.

Menurut Kepala Inspektorat Kota Bekasi Widodo Indrijantoro , ini adalah langkah awal misi mencegah praktik pidana korupsi.

“Sebagai langkah awal, Inspektorat Kota Bekasi mendorong supaya para PNS mengisi berkas Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) dan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)”.

Widodo menjelaskan, perbedaan LHKASN dan LHKPN yakni pada kewenangan pemeriksanaan dan pengenaan sanksi. Namun demikian, keduanya tetap merupakan instrumen yang sama sebagai pengendali dan pengawas utama bagi pencegahan korupsi.

Kendati lembaganya tidak memiliki wewenang dalam memberikan sanksi, namun bisa membuat laporan dan rekomendasi agar sanksi dapat diberikan. Sejauh ini, belum semua PNS mengisi LHKASN dan LHKPN.

”Supaya terkoordinir, kedepannya Insepektorat akan melakukan sosialisasi kepada ASN di lingkungan Pemkot Bekasi untuk mengisi form LHKASN dan LHKPN,”terangnya.  Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk mencegah praktik korupsi yang dilakukan ASN”.

Inspektorat Kota Bekasi sebagai unsur pembantu kepala daerah dalam pelaksanaan fungsi penunjang urusan pemerintahan bidang pengawasan. Karena itu, pencegahan dan pengawasan ini sangat perlu dilakukan agar tidak terjadi praktik-praktik yang merugikan masyarakat Kota Bekasi. (adv/gob)

 



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …