Ojek Online di Kota Bekasi Tidak Tertib, Pemkot Bakal Bikin Perda

(Ilustrasi) Para pengemudi ojek online di Halte Juanda, Selasa (27/9/2016). (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

(Ilustrasi) Para pengemudi ojek online di Halte Juanda, Selasa (27/9/2016). (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bekasi, berencana akan membuat peraturan daerah (perda) ojek daring/online. Langkah tersebut diambil imbas dari banyaknya pengemudi ojek daring yang mangkal di kawasan pedestrian.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengungakapkan, sejauh ini Kota Bekasi belum memiliki aturan sebagai payung hukum ojek daring. Ia menginginkan nantinya peraturan yang dibuat bisa mencakup semua korelasi ojek daring agar tak lagi timbul permasalahan.

Menurutnya, peraturan wali kota (perwal) belum cukup untuk mengatur mereka karena implementasi terbatas.

“Rumusannya tidak memenuhi berbagai unsur, kan juga tidak ada manfaatnya. Lebih baik sekalian saja supaya selesai, kalau perlu perda,” ujar Rahmat kepada Radar Bekasi (Grup gobekasi.co.id), Selasa (1/8/2017) kemarin.

Rahmat mengatakan, selama pengamatannya banyak ojek daring yang melakukan parkir sembarang. Ia mengatakan hal tersebut menjadi beban bagi Pemkot Bekasi karena sulitnya diatur. Supaya memiliki aturan yang jelas dan membuat mereka disiplin, pihaknya akan memelajari daerah lain perihal kebijakan yang merujuk pada ketertiban ojek daring.

“Mudah-mudahan nanti ada rumusan dari daerah mana yang sudah mendahului kita akan dijadikan perujukan kita,” tegas dia.

Dia mengakui, keberadaan ojek daring cukup membantu masyarakat Kota Bekasi. Ia juga memuji aspek pelayanan yang cukup bagus dan cepat. Hanya saja, ia menyayangkan ketertiban para pengemudi ojek daring yang belum menyadari keindahan kota.

Rahmat menegaskan, untuk rute yang dialalui pengemudi ojek daring bebas. Tetapi, ia meminta agar para pengemudi ojek daring tidak mangkal di kawasan pedestrian.

“Kalau perlu bantu pemerintah, bahwa pedestrian ini milik pejalan kaki,” tegas dia.

Terkait dengan maraknya polemik antara ojek daring dan ojek konvesional, ia berharap keduanya saling menghormati karena dalam dunia usaha selalu ada persaingan.

(yay/pj/gob)



loading...

Feeds

Pembangunan tribun lapangan multiguna, Bekasi Timur, Jumat (24/11/2017). (Foto M Yakub)

Stadion Mini Multiguna Mulai Digarap

PEMERINTAH Kota Bekasi kembali memulai bangun kursi penonton di Stadion Mini Multiguna, Bekasi Timur. Pantauan GoBekasi, yang terbangun hanya baru …