90 Persen Calon Haji Asal Bekasi Didominasi Lansia

Calon jemaah haji keloter pertama tiba di Asrama Haji. (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

Calon jemaah haji keloter pertama tiba di Asrama Haji. (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

JAMAAH calon haji (Calhaj) diminta selektif memilih makanan saat berada di tanah suci. Jamaah juga harus mengantisipasi suhu udara di Arab Saudi yang berbeda dengan di Indonesia.

“Kami terus sampaikan agar selektif memilih makanan saat berada di tanah suci. Meski banyak makanan Indonesia dan juga ada konsumsi tetap biasanya ingin mencoba makanan di sana, hanya saja perlu selektif, jangan sembarangan dimakan,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Shobirin usai melepas jamaah calon haji di Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi, Selasa (1/8/2017).

Diungkapkan Shobirin, jamaah calon haji asal Kabupaten Bekasi hampir 90 persen lanjut usia (Lansia). Jamaah diminta mengantisipasi cuaca yang panas karena suhu di Arab Saudi saat ini mencapai 46 derajat celcius.

“Antisipasinya dengan menyediakan lotion pelindung kulit mengingat cuaca di Arab Saudi kan panas, sampai 46 derajat,” ucapnya.

Pada ibadah haji tahun ini, kata dia, jamaah calon haji asal Kabupaten Bekasi berjumlah 2.136 orang. Jumlah tersebut lebih sedikit dari kuota yang diberikan yakni 2.210 orang.

“Untuk Kabupaten Bekasi kita dapat total kuota sebanyak 2.210 orang, tapi karena ada yang mutasi dari dan keluar Kabupaten Bekasi sebanyak 74 orang, jadi yang tetap berangkat ada 2.136 orang yang berangkat dari Kabupaten Bekasi. Kemudian ada juga yang tunda berangkat di kloter pertama satu orang,” katanya.

Ia mengungkapkan, jamaah yang diberangkatkan kali ini terdiri dari enam kloter. Masing-masing kloter akan didampingi lima orang petugas yang akan membantu kebutuhan jamaah.

“Total petugas satu kloter ada lima orang petugas, kalau enam kloter berarti ada sekitar 30 orang petugas,” ujarnya.

“Kendala yang pertama kadang kala jamaah itu berangkat pengin satu rombongan, sementara pemeriksaan ada yang keluarganya sudah selesai ada yang belum. Sementara kendala lain seperti kesehatan, namun sifatnya bukan krusial, sehingga semua berjalan lancar,” ucapnya.

Rombongan jamaah calon haji dilepas oleh Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja. Dalam sambutannya, dia berpesan agar jamaah senantiasa menjaga kesehatan selama pemberangkatan hingga kembali ke tanah air.

Kata dia, Pemerintah Kabupaten Bekasi menyiapkan dana sekitar Rp400 juta dari APBD untuk membawa jamaah dari Kabupaten Bekasi ke asrama haji. (dho/pj/gob)



loading...

Feeds

20171121_095837

Kenangan Terakhir dengan Laila Sari

MASIH belum hilang kenangan terakhir Darsih bersama kakaknya, almarhumah Laila Sari. Terlebih, sebelum sang kakak mengembuskan nafas terakhirnya, dia masih …
PPP Tetap Komit Dukung Rahmat Effendi

Sholihin Kokoh Didukungan 17 Kursi

KETUA DPC PPP Kota Bekasi, Sholihin mendapat dukungan lima partai untuk maju pada Pilkada Kota Bekasi 2018 mendatang. Partai-partai tersebut …
JPNN

Shireen Sungkar Minta Doa Masyarakat

PASANGAN artis Shireen Sungkardan Teuku Wisnu belum lama ini merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang keempat. Di momen spesial ini, …