BPN Kabupaten Bekasi Hadirkan Pelayanan SMS dan Call Center

KANTOR Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi berusaha tampil lebih baik dari tahun sebelumnya, baik dalam hal gedung maupun fasilitas pendukung serta pelayanan kepada masyarakat serta pengurusan dokumen pertanahan lainnya.

Kepala BPN Kabupaten Bekasi Deni Santo mengatakan, infrastukur yang sedang banyak disoroti saat ini, di berbagai sektor untuk dipacu segera diselesaikan atas permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di Kabupaten Bekasi sediri kebetulan untuk di Infrastrukur pembangunan ruas Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dan Cibitung-Cilincing.

“Progres itu bisa kita hasilkan karena kita lakukan berbagai macam inovasi, kita melakukan sumber daya baik untuk dilapangan maupun di sekertariat,” kata dia, Selasa (1/8/2017).

Kemudian juga ada pembentukan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru di kantor pertanahan urusan pengadaan tanah itu sudah di-handle oleh satu orang kepala seksi jadi bisa fokus lagi melyanai masyarakat, kemudian pengaduan masyrakat bisa langsung terima di sekretariat.

Salah satu layanan baru  BPN Kabupaten Bekasi guna memberikan kemudahan dan tidak sulit terjangkau pada masyarakat, kantor Wilayah BPN Kabupaten Bekasi, juga membuat terobosan baru melalui layanan short massage system (SMS) Center ke nomor 082208820022 dan Call Center ke nomor 082208820022.

“Hal tersebut merupakan upaya Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi dalam mempermudah pelayanan diwujudkan dengan memanfaatkan SMS Center dan Call Center. Mulai dari informasi pertanahan, syarat pendaftaran, informasi berkas permohonan, pengaduan, sampai saran cukup melalui SMS. Tidak pakai lama, dalam 20 detik, informasi berkas permohonan akan tersaji di HP pemohon,” ujarnya.

Bahkan untuk SMS pengaduan, aduan itu akan diterima oleh seluruh pejabat, mulai dari staf sampai Kepala Kantor Pertanahan. Dengan demikian, setiap aduan tidak mungkin dicuekin, karena Kepala Kantor juga memantau. SMS Center ini merupakan inovasi BPN Kabupaten Bekasi agar memudahkan masyarakat mengetahui persyaratan pensertipikatan dan layananan pertanahan lainnya.

Apabila berkas permohonan sudah terdaftar, pemohon dapat memantau keberadaan berkas permohonannya. Demikian halnya dengan saran dan masukan, semua pihak dapat melalui SMS Center. Layanan ini merupakan bentuk komitmen Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi yang mempunyai tekad bulat.

“Dalam rencana kita juga siapkan layanan senior citizen, yang pensiunan yang sepuh yang usinya diatas 60 tahun sudah pensiun akan mendapatkan pelayanan jemput bola, jadi mereka agar merasakan kehadiran pemerintah negara dalam layanan pertanahan,” kata dia.

“Hal Itu sebagai bentuk kepedulian kita juga karena mereka juga sudah berjasa puluhan tahun bekerja, dan sudah harus mendapatkan hak prioritas,” sambungnya.

Pelayanan pro aktif tersebut mudah, caranya lewat sms center dan call center, nanti mendaftarakan diri sebagai calon selanjutnya petugas pertanahan yang memverifikasi memenuhi syarat atau tidak.

“Nanti tinggal dijadwalkan utnuk  bertemu dia, selesai kita akan antarkan lagi prodaknya ke rumahnya,” kata dia.

Inovasi tersebut sedang dirancang BPN Kabupaten Bekasi, karena butuh kendaraan khusus, tenaga kerja khusus dan pelayanan khusus supaya bisa dibawa dalam satu kendaraan.

“Itu sedang disiapkan, layanan pro aktif itu untuk meringankan pemohon yang lanjut usia, agar tidak harus pulang pergi dan mengantri di kantor BPN, kondisi umur yang sudah tua tinggal tunggu di rumah sesuai jadwal kita kunjungi,” tandasnya. (nur/gob)



loading...

Feeds