Yah… Keberangkatan Calhaj Kloter 1 dari Embarkasi Bekasi Tertunda, Ini Penyebabnya…

Runway di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur yang terkelupas, kemarin. Dampaknya, sejumlah penerbangan di bandara ini ditunda. Sementara penerbangan untuk jamaah haji dipindahkan ke Bandara Soekarno Hatta.

Runway di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur yang terkelupas, kemarin. Dampaknya, sejumlah penerbangan di bandara ini ditunda. Sementara penerbangan untuk jamaah haji dipindahkan ke Bandara Soekarno Hatta.

Kerusakan runway di Bandara Halim Perdanakusuma turut mempengaruhi keberangkatan para calon jamaah haji. Salah satu yang terkena dampaknya adalah kelompok terbang (kloter) I asal Cianjur dari Embarkasi Jakarta-Bekasi.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Barat Ahmad Buchori membenarkan, tertundanya penerbangan calon jemaah haji kloter I itu.

“Ini di luar perhitungan kloter pertama asal dari Emabarkasi Jakarta Bekasi mengalami penundaan, karena memang ada permasalahan di Bandara Halim Perdana Kusuma dimana runway-nya ada gangguan,” katanya, Jumat (28/7/2017) malam.

Karena itu, kata dia, penundaan untuk kloter pertama kemungkinan para calon jemaah haji baru bisa diberangkatkan pukul 09.00 WIB, Sabtu (28/7/2017) hari ini. Itu pun akan berangkat dari Bandara Soekarno Hatta.

“Sekarang jamaah haji ini ditampung di asrama haji Pondokgede. Dan nanti rencananya pada pukul 06.15 WIB akan diberangkatkan dari asrama haji ke Bandara Soekarno – Hatta,” katanya.

Informasi yang ia peroleh, penerbangan jemaah haji asal Embarkasi Jakarta – Bekasi dan Embarkasi Pondokgede dipindahkan ke Soekarno – Hatta.

“Jadi besok ini berarti kami sudah merubah SOP pemberangkatan, yang tadi kita berangkatkan ke Halim Perdana Kusuma mulai besok sudah kita berangkatkan langsung ke Soetta,” ucapnya.

Sementara itu, kloter kedua calon jamaah haji di Asrama Embarkasi Haji sudah terbang ke Madinah. Penerbangannya melalui pintu kargo di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno – Hatta.

“Jadi untuk yang kloter dua mungkin Insya Allah beberapa jam yang akan datang ini dia sudah tiba di Madinah. Jadi dia lebih awal sampai di Madinah,” ujarnya.

Dirinya berharap supaya hal ini tidak mengganggu kenyamanan calon jamaah haji yang penerbangannya tertunda. Pun demikian dengan kloter dua yang berangkat lebih dulu melalui pintu kargo di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno – Hatta.

“Karena mungkin nggak mengganggu penerbangan komersial. Karena ini penerbangan mendadak, mudah – mudahan ini tidak mengurangi kenyamanan jemaah. Dan kita pada prinsipnya sudah siap,” tutupnya.

Diketahui Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan melepas pemberangkatan 404 orang calon jamaah haji sekitar pukul 08.00 WIB, Jumat (28/7/2017).

Dalam pelepasan, ia berharap supaya seluruh jamaah haji yang diberangkatkan dapat selamat sampai tanah suci.

Aher, sapaan akrabnya menjelaskan, persiapan dokumen sudah siap 75 persen dari jumlah 96 kloter yang akan berangkat tahun ini. “Sekarang tidak ada masalah seperti tahun lalu, karena sudah hampir selesai dokumen seluruhnya, sudah 3/4 nya,” ucapnya Jumat pagi.

(neo/pj/gob)



loading...

Feeds

Deddy-Mizwar-ke-PDIP

Deddy Mizwar Merapat ke PDIP?

KETUA DPW PKS Jabar sekaligus Bakal Calon Wakil Gubernur Jabar, Ahmad Syaikhu menanggapi enteng kehadiran Bakal Calon Gubernur Jabar, Deddy …
Petani Desa Sukakarya. (Foto: Ist)

Malangnya Petani di Sukakarya

SEJUMLAH lahan pertanian di desa Sukalaksana kecamatan Sukakarya, saat ini sudah memasuki musim panen padi. Sebagian warga pun disibukan dengan …