Cegah Anak dari Narkotika, Keluarga Berperan Penting

Sembilan tersangka kurir dari bandar narkoba ditangkap polisi.

Sembilan tersangka kurir dari bandar narkoba ditangkap polisi.

PERAN keluarga sangat penting dalam memberantas penyalahgunaan narkoba. Karena saat ini, narkoba tidak hanya menyasar golongan tertentu, tapi juga sudah merambah di kalangan pelajar.

Menurut dosen psikologi Universitas Bhayangkara, Lenny Utama Afriyenti, Indonesia menjadi sasaran empuk Bandar narkoba. Karena jumlah penduduk di negara ini terbesar ke empat di dunia.

“Usia produktif orang Indonesia cukup tinggi dibanding yang usia lanjut. Kalau diteropong dari kacamata psikologi, manusia itu selalu mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Oleh sebab itu di negara kita banyak usia produktif, yakni masa pertumbuhan anak remaja ke dewasa,” terangnya.

Kata Lenny, usia anak dan remaja adalah masa di mana mereka mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Secara psikologis usia anak dan remaja makhluk yang rapuh atau masih lemah.

”Kalau rapuh berarti cukup rentan mengalami perubahan dari lingkungan, arti anak-anak secara pendirian masih kurang kuat. Sehingga mudah terpengaruh dalam pergaulan,” katanya.

Menurutnya, fenomena penyalahgunaan narkoba seperti gunung es. Artinya, ada kemungkinan kasus penyalahgunaan narkoba lainnya masih banyak yang belum terungkap.

”Mungkin kasus yang terungkap belum seberapa dibanding keadaan yang sesungguhnya,” ujarnya.

Dalam hal ini, kata dia, tidak melulu pemerintah disalahkan, tapi harus dilihat dari ruang lingkup yang terkecil, atau keluarga. Untuk mendapat keluarga yang utuh dibutuhkan peran serta dari seluruh anggota keluarga seperti pola asuh, kepribadian dan juga lingkungan anak.

”Biasanya orang tua cenderung otoriter atau permisif dalam mendidik anak-anak, sehingga anak kehilangan rasa nyaman dalam lingkungan anak-anak, dan membuat mencari lingkungan di luar demi kebebasan semata,” ungkapnya.

Kata dia, anak-anak yang tidak mendapat tempat yang laik dalam keluarga, komunikasi yang tidak intensif dan kurang berkualitas menjadi penyebab anak-anak mencari kenyamanan di luar dengan caranya sendiri.

”Sehingga hal inilah secara psikologis yang terjadi. Anak anak mudah terpengaruh dalam penyalahgunaan narkoba sejak di usia sekolah atau anak-anak,” katanya.

(and/pj/gob)



loading...

Feeds

Pembangunan tribun lapangan multiguna, Bekasi Timur, Jumat (24/11/2017). (Foto M Yakub)

Stadion Mini Multiguna Mulai Digarap

PEMERINTAH Kota Bekasi kembali memulai bangun kursi penonton di Stadion Mini Multiguna, Bekasi Timur. Pantauan GoBekasi, yang terbangun hanya baru …