Kemenhub Uji Coba KRL Manggarai-Cikarang, Nih Hasilnya…

DIREKTORAT Jenderal Perkeretaapian dari Kementerian Perhubungan melakukan uji coba kesiapan sarana dan prasarana Kereta Listrik (KRL) mulai dari Manggarai-Cikarang.

Direktur Prasarana Perkeretaapaian Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri, menyampaikan kalau saat ini KRL Manggarai-Cikarang masih dalan tahap uji coba.

Ia memproyeksikan infrastruktur pembangunan KRL Manggarai-Cikarang rampung pada Agustus dan dapat di operasionalkan pada September mendatang.

“Kami masih lakukan uji coba dahulu. Selanjutnya, dilakukan tes kelaikan, baru operasional yang diupayakan paling cepat pada bulan September 2017,” ujarnya di Stasiun Besar Bekasi, Jumat (28/7/2017).

Zulfikri mengaku, pihaknya  sudah membangun tiga gardu listrik penyuplai operasional kereta yang masing-masing berkapasitas 400 kVA. Kapasitas ini sudah ideal untuk operasional kereta.

Upaya perbaikan serta penambahan sarana dan prasarana pendukung, katanya, terus dipenuhi guna menjaga kenyamanan penumpang trayek baru KRL tersebut.

Menurut dia, Saat ini listrik merupakan kebutuhan mutlak bagi operasional kereta Manggarai-Cikarang. Sehingga, butuh kestabilan aliran guna menjaga kondusivitas perjalanan penumpang.

“Jangan sampai kereta berhenti mendadak akibat suplai listrik yang kurang baik. Hal ini bisa menganggu jadwal perjalanan lainnya,” kata Zulfikri.

Saat ini, lanjut dia, suplai listrik KRL Manggarai-Cikarang masih stabil. Hanya saja, untuk jarak tempuh uji coba sepanjang 20 kilometer berkecepatan 50 km/jam serta waktu tempuh sekitar 30 menit, masih mengalami sedikit kendala di lintasan Cikarang-Cibitung.

“Ada sedikit aliran listrik yang tidak stabil. Namun, itu bisa kami atasi,” tutupnya. (dyt/gob)



loading...

Feeds