Calon Jamaah Haji Mulai Berdatangan di Asrama Embarkasi Bekasi

Calon jemaah haji keloter pertama tiba di Asrama Haji. (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

Calon jemaah haji keloter pertama tiba di Asrama Haji. (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

Ratusan orang calon jamaah haji dari dua kloter, yaitu Cianjur dan Sukabumi mulai berdatangan ke Asrama Embarkasi Haji Jakarta Bekasi, Kamis (27/7/2017).

Sistem kedatangan dan keberangkatan calon jamaah haji tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini, calon jamaah haji yang datang sudah memiliki kloter dan dokumennya sudah diatur sejak awal.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Ajam Mustajam.

“Sekarang hanya tinggal berangkatnya. Kalau dulu pengkloteran di akhir, sekarang (saat kedatangan) malah disibukan untuk mencari dokumen. Sekarang ini, tahun ini jamaah haji tinggal datang karena pengkloteran dan dokumen sudah diselesaikan dan diatur dari awal,” paparnya.

Pria yang juga merupakan Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Jakarta Bekasi ini menyatakan, dokumen untuk kloter satu sampai dengan kloter 47 sudah siap.

“Dan Insya Allah kejadian – kejadian kemarin yang jamaah haji tertinggal di asrama haji dengan kloternya itu, tidak mungkin untuk kejadian, terkecuali kalau memang tertinggal karena sakit,” ujarnya.

Dalam kedatangan di asrama tersebut, ada sejumlah akomodasi yang dipersiapkan untuk calon jamaah haji.

“Akomodasi yang dipersiapkan ialah paspor, gelang identitas, gelang identitas ada perubahan sekarang, ada yang diberikan oleh kesehatan, ada yang diberikan oleh PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) dan ada juga gelang identitas tanda jamaah risti, lalu kemudian diserahkan uang living cost sebesar 1500 real. Ini akan diberikan oleh panitia selama di asrama haji. Jemaah haji akan dilayani, dari konsultasi bimbingan manasik haji, konsultasi kesehatan dan yang lain – lain,” paparnya.

Saat ini, kapasitas Asrama Haji Embarkasi Jakarta Bekasi bisa menampung empat kloter sesuai dengan kebutuhan.

“Tapi masih tetap ada kloter – kloter yang transit. Kenapa transit? Kloter terakhir itu belum berangkat tapi kloter berikutnya sudah masuk asrama haji. Jadi ada transit beberapa jam,” ucapnya.

Secara keseluruhan ada 96 kloter calon jamaah haji dari jumlah 38854 orang. Satu kloter masing – masing 404 orang dan terbagi dengan sepuluh rombongan.

“Kunci keberhasilan apabila semua pihak yang terlibat dalam penyelenggara haji itu, baik jamaah kelompok bimbingan itu adanya kerjasama. Dan kunci ketidakberhasilan itu kesombongan dan egois,” tutupnya.

Berdasarkan informasi, calon jamaah haji kloter satu dan dua yang sudah ada di Asrama Embarkasi Haji Jakarta Bekasi akan berangkat hari ini, Jumat (27/7/2017) pukul 06.00 WIB untuk kemudian terbang ke tanah suci.

(neo/pj/gob)



loading...

Feeds

Pembangunan tribun lapangan multiguna, Bekasi Timur, Jumat (24/11/2017). (Foto M Yakub)

Stadion Mini Multiguna Mulai Digarap

PEMERINTAH Kota Bekasi kembali memulai bangun kursi penonton di Stadion Mini Multiguna, Bekasi Timur. Pantauan GoBekasi, yang terbangun hanya baru …