290 Ribu Pemilih Pemula Punya Hak Suara

KPUD Kota Bekasi saat menggelar sosialisasi di ruang aula yang dihadiri ratusan pelajar SLTA menjelang Pilkada 2018, Kamis (27/7/2017). Foto: Nur/GoBekasi

KPUD Kota Bekasi saat menggelar sosialisasi di ruang aula yang dihadiri ratusan pelajar SLTA menjelang Pilkada 2018, Kamis (27/7/2017). Foto: Nur/GoBekasi

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menyebutkan bahwa dalam pilkada 2018 nanti akan ada 209 ribu lebih pemilih pemula atau sekitar 20 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada.

Anggota KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilh dan Pengembangan SDM, Nurul Sumarheni, mengatakan Pemilih pemula tersebut ialah berasal dari kalangan pelajar SMA-SMK yang usianya mulai masuk 17 tahun.

“Kalau lihat realnya aja sekolah SMA Negeri aja udah ada 22. Kalau asumsinya satu sekolah ada 700 siswa yang jadi pemilih pemula, dikali 22 itu berarti angkanya kurang lebih 209 ribu potensinya, itu belum di tambah sekolah Swasta,” ujarnya.

Ia mengungkap, jumlah ini juga akan terus bertambah lagi pada pilpres tahun 2019 mendatang. Dimana penambahan tersebut diprediksi akan bertambah sekitar 100 ribu Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari pemilih pemula.

“Amat disayangkan kalau di tahun 2013 lalu, jumlah partisipasi pemilih hanya 49 persen dari total DPT. Kita berharap, dengan para pemilih pemula yang totalnya mencapai 20 persen DPT ini bisa membantu mendongkrak presentasi parsipasi pemilih di tahun 2018 nanti,” ungakapnya.

Pihaknya mengaku, sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Sosial untuk mendata potensi pemilih jelang Pilkada 2018.

“Untuk pemilih pemula, kami koordinasi dengan Dinas Pendidikan, penyandang disabilitas dengan Dinas Sosial, dan Disdukcapil untuk pemilih umum,” katanya.

Nurul menambahkan, pihaknya saat ini tengah menunggu Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) dari Kementerian dalam negeri. Data itu akan menjadi basis untuk mengetahui Daftar Pemilih Sementara (DPS) guna ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Pemutakhiran data dari DP4 menjadi DPS sendiri akan dilakukan sekitar bulan Agustus seiring dengan pembentukan panitia khusus. Untuk itu, kami berharap Disdukcapil dapat menyelesaikan perekaman e-KTP sebelum panitia khusus melakukan pemutakhiran data agar validasi data bisa lebih optimal,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcasip Kota Bekasi, Erwin Effendi memebenarkan telah berkoordinasi dengan KPU. Untuk mendata pemilih pemula, pihaknya akan melakukan roadshow ke sejumlah SMA/SMK.

“Pemilih pemula itu biasanya kelas 1 atau 2 SMA. Kami akan datang ke sana untuk mendata calon pemilih pemula sekaligus sosialisasi pelaksanaan Pilkada oleh KPU,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

20171121_095837

Kenangan Terakhir dengan Laila Sari

MASIH belum hilang kenangan terakhir Darsih bersama kakaknya, almarhumah Laila Sari. Terlebih, sebelum sang kakak mengembuskan nafas terakhirnya, dia masih …
PPP Tetap Komit Dukung Rahmat Effendi

Sholihin Kokoh Didukungan 17 Kursi

KETUA DPC PPP Kota Bekasi, Sholihin mendapat dukungan lima partai untuk maju pada Pilkada Kota Bekasi 2018 mendatang. Partai-partai tersebut …
JPNN

Shireen Sungkar Minta Doa Masyarakat

PASANGAN artis Shireen Sungkardan Teuku Wisnu belum lama ini merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang keempat. Di momen spesial ini, …