Yuk Berhenti Mengeluh dengan Cara Sederhana Ini

Yuk Berhenti Mengeluh dengan Cara Sederhana Ini

Yuk Berhenti Mengeluh dengan Cara Sederhana Ini

TERKADANG, Anda tidak bisa berhenti mengeluh saat melihat piring kotor telah menumpuk di wastafel atau rekan kerja Anda yang menjengkelkan itu lupa melakukan bagian persiapan pertemuannya lagi.

Akhirnya, Anda mengalah dan mengeluh.

“Bagian dari gangguan Anda mungkin karena sesuatu yang disebut bias negatif,” kata pakar kebahagiaan, Gretchen Rubin, seperti dilansir laman NBC, Kamis (20/7).

“Kita semua memiliki kecenderungan alami untuk fokus pada interaksi negatif atau ketidaknyamanan daripada lebih memperhatikan hal-hal positif,” jelas Rubin.

“Itulah sebabnya mengapa kita perlu melakukan intervensi dan mengalihkan perhatian kita,” tambah Rubin.

Satu tips penting, kata Rubin cobalah gunakan rasa syukur untuk mengusir frustrasi Anda.

Jika Anda merasa ingin mengeluh tentang seseorang, kenapa tidak mencoba mencari alasan untuk merasa berterima kasih kepada orang itu.

Misalnya, jika atasan Anda terus memberi tugas-tugas pada menit-menit terakhir, daripada alih-alih mengeluh, kenapa tidak mencoba merasa bersyukur atas kepercayaan yang diberika bos terhadap kemampuan Anda.

“Jika Anda memikirkan apa yang telah dilakukan seseorang untuk Anda, maka Anda merasa berbeda mengenai hal-hal yang akan Anda keluhkan,” ucap Rubin.

Tentu saja, trik ini tidak akan berhasil dalam segala situasi.

Terkadang, Anda juga mengeluh dalam hal yang kecil sekalipun, misalnya, rekan kerja yang berbicara terlalu keras di telepon.

Dalam kasus tersebut, Anda ingin mengidentifikasi masalah yang tepat dan pikirkan apakah sebaiknya Anda mengabaikan penyebab keluhan atau mencari tahu solusinya.

Misalnya, jika Anda frustrasi karena setiap orang sepertinya terlambat menghadiri rapat staf, mungkin sudah saatnya waktu pertemuan harus diubah.

“Lebih baik mengubah keadaan dan tidak mencoba mereformasi sifat dalam diri seseorang,” pungkas Rubin.

Tapi untuk keluhan ringan, cobalah untuk bersyukur. Hal ini menurut Rubin merupakan cara yang baik untuk mengubah emosi Anda terhadap sebuah situasi.(fny/jpnn)



loading...

Feeds

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BABAK Kualikasi (BK) Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII, Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indoneisa (POBSI) terpecah-pecah. Pasalnya, dalam waktu bersamaan BK …