Air Kali Bekasi Berubah Jadi Biru, Ikan pada Mabok

(Ilustrasi) Kondisi air di Kali Bekasi tepatnya di Jembatan Perumahan Kemang Pratama Bekasi Selatan Kota Bekasi, berubah warna menjadi biru kehijauan sejak dua bulan ini. (Foto: Dok Radar Bekasi)

(Ilustrasi) Kondisi air di Kali Bekasi tepatnya di Jembatan Perumahan Kemang Pratama Bekasi Selatan Kota Bekasi, berubah warna menjadi biru kehijauan sejak dua bulan ini. (Foto: Dok Radar Bekasi)

ALIRAN Kali Bekasi dari Kali Cikeas berubah warna dari cokelat menjadi biru yang diduga disebabkan karena limbah industri. Hal itu membuat ikan yang ada di dalam kali tersebut mati dan warga yang biasa memancing jadi kesulitan.

Salah seorang warga yang tinggal di sekitar kali tersebut, Maryati (47) mengatakan, air di kali tersebut sudah berubah warna sejak dua bulan ke belakang. Namun, tidak rutin seperti yang terjadi minggu – minggu ini.

Biasanya, kata Maryati, pada bulan lalu perubahan warna terjadi hanya beberapa hari sekali. Namun sudah sekitar satu bulan, perubahan warna kali itu terjadi hampir setiap hari.

“Sudah tiap hari, pagi cokelat, siang jam 10 sudah biru lagi, malam sudah berubah lagi jadi cokelat nanti pagi begitu lagi,” katanya, Senin (17/7/2017).

Sementara itu, pria yang sudah sekitar memancing di Kali Bekasi selama 20 tahun, Jamal (54) mengatakan, akibat dari perubahan air itu membuat ikan mati.

“Ikan pada mabok, tapi nggak semua. Dulu juga berubah warna, tapi sekarang paling parah. Ini untungnya air masih jalan, kalau nggak bisa bau,” tambahnya.

Dirinya menyatakan bahwa air itu juga membuat mata perih. “Kalau saya benar jalan kan suka nyangkut. Kalau saya silem (menyelam) pas bangun matanya perih. Jadi nggak berani silem kaya dulu,” paparnya.

Ia pun mengaku kalau hal itu berpengaruh pada hasil tangkapan ikan. “Kadang dapet nggak banyak, Kalau air lagi bagus, lagi cokelat dapat banyak,” ucapnya.

Dirinya berharap supaya pihak – pihak terkait dapat segera mencari tahu sumber dari perubahan warna dan segera menuntaskan persoalan tersebut. (neo/pj/gob)



loading...

Feeds

Ariel Tatum dan Ryuji Utomo. (Foto: @ryujiutomo IG)

Aw… Ariel Tatum dan Bek Persija Saling Cium

SETELAH Ariel Tatum mengungkapkan perasaannya, kini gantian Ryuji Utomo yang melakukan hal sama. Berbeda dengan Ariel Tatum yang hanya mengunggah foto tulisan dan sketsa …