Sistem Perizinan Online Bakal Diterapkan untuk Angkutan Umum

(Ilustrasi): Dua penumpang angkutan umum duduk di depan pintu dengan anggota badan yang keluar dari mobil angkutan. Cara menumpang seperti ini dinilai cukup membahayakan penumpang karena berpotensi tersambar kendaraan lain saat kendaraan sedang memacu.  (Foto: Dok Radar Bekasi)

(Ilustrasi): Dua penumpang angkutan umum duduk di depan pintu dengan anggota badan yang keluar dari mobil angkutan. Cara menumpang seperti ini dinilai cukup membahayakan penumpang karena berpotensi tersambar kendaraan lain saat kendaraan sedang memacu. (Foto: Dok Radar Bekasi)

SISTEM perizinan online sudah diluncurkan pada Minggu (16/7/2017) siang. Dengan sistem perizinan online ini tidak ada lagi keharusan masyarakat, mitra operator angkutan online untuk tatap muka dengan regulator atau pemerintah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pemenuhan legalitas angkutan online bisa selesai akhir tahun ini.

“Suatu mekanisme pelayanan harus terdaftar dan harus mendapat legitimasi ada suatu jaminan bagi masyarakat bahwasanya operator-operator pengemudi itu memang adalah legal, legalnya itu di satu sisi memberikan kepastian, tetapi juga menjadi tanggung jawab operator itu menjadi suatu yang pasti,” ujar Budi.

Ke depan, Budi memastikan sistem perizinan online ini juga akan diterapkan pada perizinan di angkutan umum lainnya seperti pada angkutan perkotaan (angkot) dan Kopaja.

Selain peluncuran sistem perizinan online, pada hari yang sama juga diluncurkan Fleet Management System yang digunakan oleh Perum PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta).

Sistem IT berbasis online ini juga digunakan oleh Perum PPD guna meningkatkan efektifitas kinerja.(chi/jpnn/gob)



loading...

Feeds