Hacker Ganggu Sistem PPDB Kabupaten Bekasi

Orang tua siswa dan calon siswa harap-harap cemas melihat pengumuman PPDB daring di SMKN 1 Cikarang Barat, Senin (10/7). Foto:Raiza/Radar Bekasi

Orang tua siswa dan calon siswa harap-harap cemas melihat pengumuman PPDB daring di SMKN 1 Cikarang Barat, Senin (10/7). Foto:Raiza/Radar Bekasi

KEPALA Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, MA Supratman, mengatakan pihaknya selalu berkomunikasi dengan sekolah dan pihak ketiga sebagai penyedia server. Soal akses jaringan yang lambat, kata dia, disebabkan banyak yang mengakses sehingga jaringan terganggu.

Selain itu, lanjut Supratman, sulitnya mengakses PPDB Daring karena hacker yang mengganggu sistem.

”Ada hacker yang ganggu, meskipun tidak sampai masuk, ibaratnya mereka (hacker) hanya sampai di pintu sistem saja,” katanya.

”Sebenarnya tahun ini kita juga libatkan Diskominfo, tapi tidak secara total. Ini kan menjadi evaluasi kami, dan rencananya pada tahun depan 100 persen untuk masalah sistem kita akan serahkan kepada Diskominfo,” tambahnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bekasi, Beni Saputra, mengatakan pihaknya hanya diminta Dinas Pendidikan untuk membuka laman Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk PPDB daring.

”Jadi untuk PPDB daring itu sebelum mengakses terlebih dulu masuk lamannya milik pemda. Tapi untuk jaringannya ataupun fasilitas serta servernya tidak memanfaatkan milik pemerintah daerah,” ujarnya.

”Sekarang begini saja, kalau lelang kegiatan yang ada di OPD diakses melalui sistem kami, alhamdulillah tidak pernah terganggu. Insya Allah kalau kami dilibatkan tentunya pasti siap karena secara fasilitas kita sudah memilikinya,” ungkapnya.

(and/pj/gob)



loading...

Feeds