Duh… Pemkab Bekasi Kesulitan Kumpulkan Data Kemiskinan

Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi Radar Bekasi)

Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi Radar Bekasi)

PEMERINTAH Kabupaten Bekasi kesulitan mengumpulkan data kemiskinan menjadi satu sumber data. Padahal, Dinas Sosial sejak tiga bulan lalu sudah membentuk tim untuk menyatukan data kemiskinan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Edi Rohyadi, mengakui gabungan OPD yang membidangi pengentasan kemiskinan serta menaikan taraf perekonomian belum berjalan maksimal. Kata dia, kewenangan mengumpulkan data kemiskinan dari berbagai OPD diambil alih Bappeda.

”Saya sudah berkomunikasi dengan bupati, bagaimana Pemkab Bekasi memiliki satu data kemiskinan. Sehingga nantinya masing-masing OPD bisa memberikan bantuan ataupun program bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Kata Edi, berdasarkan arahan bupati, Dinas Sosial akan melakukan kunjungan kerja ke daerah lain untuk mengadopsi program kemiskinan yang ada di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

”Rencananya kami bakal ada kunjungan kerja ke Sragen, karena di sana data kemiskinannya hanya satu data. Sehingga program OPD tinggal mengambil data yang dimiliki pemda untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat,” katanya.

Edi mengatakan, selama tiga bulan belakangan ini, tim yang sudah terbentuk untuk mengumpulkan data perlu dilakukan kembali pembahasan.

”Karena sesuai data kami yang diambil dari pekerja sosial Kemensos yang diambil dari Penerima Bantuan Iuran (PBI), ada 524621 masyarakat prasejahtera yang terdata di 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi,” terangnya.

”Oleh sebab itu, diambil alihnya terkait pendataan satu data terkait kemiskinan oleh Bappeda dan dipantau langsung bupati. Saya harap hal ini bisa terealisasi dengan baik. Supaya perlahan angka kemiskinan bisa menurun,” tambahnya.

(and/pj/gob)



loading...

Feeds

Deddy-Mizwar-ke-PDIP

Deddy Mizwar Merapat ke PDIP?

KETUA DPW PKS Jabar sekaligus Bakal Calon Wakil Gubernur Jabar, Ahmad Syaikhu menanggapi enteng kehadiran Bakal Calon Gubernur Jabar, Deddy …
Petani Desa Sukakarya. (Foto: Ist)

Malangnya Petani di Sukakarya

SEJUMLAH lahan pertanian di desa Sukalaksana kecamatan Sukakarya, saat ini sudah memasuki musim panen padi. Sebagian warga pun disibukan dengan …