Baru Dilantik, DKC Kota Bekasi Berikan Peluang Investor Berinvestasi

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi (Kanan) saat melantik anggota Dewan Kota Cerdas Kota Bekasi di Aula Nonon Sonthanie, Gedung lantai 10 Kantor Pemerintah Kota Bekasi, Senin (10/7/2017). Foto: Istimewa/Gobekasi

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi (Kanan) saat melantik anggota Dewan Kota Cerdas Kota Bekasi di Aula Nonon Sonthanie, Gedung lantai 10 Kantor Pemerintah Kota Bekasi, Senin (10/7/2017). Foto: Istimewa/Gobekasi

DEWAN Kota Cerdas (DKC) Kota Bekasi, akan memberikan peluang seluas-luasnya bagi para investor untuk berinvestasi di Kota Bekasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendorong pembangunan ekonomi di Kota Bekasi.

Demikian dikatakan Ketua Dewan Kota Cerdas Kota Bekasi, Sakti Wahyu Trenggono, usai dilantik oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi bersama 123 anggota lainnya di Aula Nonon Sonthanie, Gedung lantai 10 Kantor Pemerintah Kota Bekasi, Senin (10/7/2017).

Sakti mengatakan, DKC terdiri dari empat komisi dan beberapa bidang. Diantaranya, yakni komisi enabler terdiri dari Bidang Tata Kelola Dan SDM, Bidang Teknologi, Informasi Dan Komunikasi, kedua, Komisi Ekonomi Cerdas yang terdiri dari Pusat Kegiatan Ekonomi Industri Dan Pariwisata, Bidang Pendidikan Dan Pelatihan, ketiga Komisi Sosial Cerdas yang terdiri dari Bidang Keamanan Dan Mitigasi Kebencanaan, Bidang Kesehatan Bidang Layanan Publik, Partisipasi Masyarakat Dan E Government, Bidang Transportasi dan keempat Komisi Energi Dan Lingkungan Hidup.

Dia menyadari, bukan pekerjaan mudah untuk menuju smart city. Dibutuhkan partisipasi dari penghuni kota dan pemerintah daerah.“Tugas kita adalah membuat perencanaan jangka panjang yang dapat mudah dilaksanakan dan terlihat manfaatnya bagi masyarakat Kota Bekasi. Hal ini tidak bisa dilakukan pemerintah tetapi para penghuni kota,” ujar Sakti.

Menurutnya, ada enam indikator keberhasilan kota cerdas, yaitu manusia yang smart, lingkungan yang smart, kehidupan yang lebih baik, gerakan yang lebih baik, ekonomi, dan good goverment. Artinya partisipasi warga dan kesadaran “Kita harus bekerja merumuskan implementasi enam indikator itu. Tidak cukup waktu yang singkat, butuh waktu yang panjang,” ucapnya.

Karena tidak terlalu mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Kata dia, pihaknya membuka seluas-luasnya bagi para swasta maupun investor yang mau membantu mengimplementasikan kota cerdas tersebut.

”Kalau untuk kepentingan warga harus menggunakan pemerintah daerah, lalu kalau domainnya ekonomi, siapapun pelaku ekonomi silahkan kalau mau investasi,” tukasnya.

Sementara, Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, menyampaikan bahwa dirinya khawatir karena ia melihat anggota DKC merupakan intelektual yang luar biasa. Hal yang dikhawatirkan adalah para eksekutif tidak dapat mengikuti pola pikir, dan alur kemampuan kecerdasan intelektual dari pengurus DKC.

“Kalau cara berfikirnya seimbang kita juga masih kalah, jadi musti dua kali jauh. Oleh karena itu, saya berharap kepada teman-teman birokasi think out of the box itu harus menjadi pemicu, harus menjadi motivasi bagi kita sekalian,” kata Pepen dalam sambutannya.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Kota Bekasi itu juga akan segera memberikan gedung sebagai kantor yang representatif untuk anggota DKC agar bisa menjadi tempat diskusi yang dapat melahirkan ide atau gagasan cemerlang untuk menyongsong smart city.

“Hari ini, kalau perlu segera berikan akses kantor yang representatif, jangan nanti ada disekretariat Bappeda. Enggak bisa, pengurusnya segitu banyak, nanti tidak keluar pola think out of the box itu. Harus ada satu gedung, dua atau tiga lantai,” ucapnya.

“Kita bangun gedung lapas bisa, kita bangun gedung imigrasi bisa, kita bangun polres bisa, nah ini untuk DKC masa enggak bisa,” imbuhnya.

Untuk sementara, para pengurus bisa menggunakan gedung dekat kantor Pemkot Bekasi sebagai kantor sementara. Gedung baru nantinya akan dibangunkan setelah BPPT menempati kantornya kembali yang saat ini sedang direnovasi karena kebakaran.

“Samping gedung PKK dipakai dulu. Nanti 2018 di gedung Patriot, setelah BPPT pindah ke kantor lama. Gedung Patriot nanti dibangun dua atau tiga lantai,” imbuhnya. (oke/pj/gob)



loading...

Feeds

Ariel Tatum dan Ryuji Utomo. (Foto: @ryujiutomo IG)

Aw… Ariel Tatum dan Bek Persija Saling Cium

SETELAH Ariel Tatum mengungkapkan perasaannya, kini gantian Ryuji Utomo yang melakukan hal sama. Berbeda dengan Ariel Tatum yang hanya mengunggah foto tulisan dan sketsa …