9 Kelurahan di Kota Bekasi Terdampak Proyek LRT

(Ilustrasi) Sebuah angkutan umum seenaknya mangkal di lokasi pembangunan stasiun Light Trail Transit (LRT), di Jalan Joyomartono, Bekasi Timur. ARIESANT/RADAR BEKASI

(Ilustrasi) Sebuah angkutan umum seenaknya mangkal di lokasi pembangunan stasiun Light Trail Transit (LRT), di Jalan Joyomartono, Bekasi Timur. ARIESANT/RADAR BEKASI

PEMBEBASAN lahan untuk proyek kereta cepat Jakarta – Bandung masih menunggu penetapan lokasi (penlok). Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi Muhammad Irdan, mengatakan, pihaknya menunggu penlok dari Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Jawa Barat.

Sampai dengan saat ini, penetapan lokasi delapan Kantor BPN yang akan dilintasi rute Jakarta Bandung belum turun.”Kami masih menunggu penlok dari Kanwil Jawa Barat. Sampai saat ini belum ada penlok tersebut,” katanya.

Kendati demikian, kata dia, sudah ada pemetaan wilayah di Kota Bekasi yang terkena pembebasan lahan saat pembahasan perencanaan dengan BPN Provinsi Jabar dan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Sedikitnya, ada sebanyak sembilan kelurahan di Kota Bekasi yang akan dilakukan pembebasan lahan. Total lahan itu sepanjang 12,3 kilometer lebih yang akan dilintasi kereta cepat Jakarta-Bandung di wilayah Kota Bekasi.

Sembilan kelurahan yang akan dilakukan pembebasan lahan adalah ‎Kelurahan Jaticempaka, Jatibening‎ (Kecamatan Pondokgede), Jatibening Baru, Kelurahan Jakamulya, Jakasetia, ‎Pekayonjaya, Margajaya (Kecamatan Bekasi Selatan), Kelurahan Sepanjangjaya dan Pengasinan (Kecamatan Rawalumbu).

Salah satu warga RT 05/RW 01 Kelurahan Sepanjangjaya, Kecamatan Rawalumbu Aisih (42) mengaku sudah mendengar informasi tersebut. “Kami sudah diberitahu sejak dua tahun belakangan ini, ada rencana penggusuran rumah‎ kami,” katanya.

Berdasarkan informasi, pemerintah pusat akan melakukan pembebasan lahan di pinggir sisi selatan dan utara Tol Jakarta – Cikampek. Di sisi selatan untuk pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Sisi utara Tol Jakarta – Cikampek digunakan unt‎uk jalur Light Rail Transit (LRT).

Lahan yang bakal dibebaskan memiliki lebar 20 sampai 25 meter yang diukur dari tembok pembatas Tol Jakarta-Cikampek, mulai dari Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur hingga ke Bandung, Jawa Barat.

(neo/pj/gob)



loading...

Feeds