Wah… 8 Kali Truk Sampah Jakarta Diserang di Bekasi

(Ilustrasi) Truk sampah milik DKI Jakarta yang rusak dilempar batu. (Foto: Ist)

(Ilustrasi) Truk sampah milik DKI Jakarta yang rusak dilempar batu. (Foto: Ist)

UNIT Pengolahan Sampah Terpadu (UPST) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat sudah delapan kali kasus pelemparan batu terhadap truk sampah miliknya di Kota Bekasi.Kasus penyerangan ini terjadi sejak Januari hingga Juli 2017.

”Sudah delapan kali terjadi kasus pelemparan batu oleh orang misterius di Bekasi,” kata Kepala Unit Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (UPST) Dinas Lingkungan Hidup, Asep Kuswanto kepada wartawan di Bekasi, Minggu (9/7/2017).

Dinas Lingkungan Hidup tidak tinggal diam, dan sudah melaporkanya kepada pihak kepolisian untuk segera menindaklanjutinya.

”Sudah kami laporkan, Kami berharap agar tersangka bisa segera ditangkap. Karena sangat merugikan kami,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi untuk turut menjaga jalur perlintasan truk sampah DKI di wilayah setempat. Hal ini mengacu pada Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara DKI dan Kota Bekasi terkait pengelolaan sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

Dalam perjanjian kerja sama itu, lanjut dia, penjagaan jalur lintasan truk menjadi kewajiban Kota Bekasi. Menyusul kejadian ini, pembinaan terhadap para sopir truk sampah akan ditingkatkan.

Menurut dia, pembekalan materi diberikan oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup di masing-masing wilayah di Jakarta.

Meski sopir tidak mengalami luka, namun kejadian ini mengakibatkan kerugian materi, yaitu rusaknya kaca depan truk senilai Rp2 juta. Oleh petugas, truk itu akan dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.

”Banyak kerugian yang kami derita, selain materi, juga berdampak pada mental sopir,” ucapnya.

(sar/pj/gob)



loading...

Feeds