Tersisa 56 Kursi, Disdik Bakal Buka Seleksi Manual di SMPN 1 Bekasi

(Ilustrasi) Staf di SMPN 1 Kota Bekasi memberikan pengarahan kepada para orangtua calon peserta PPDB Online 2017, Selasa (4/7/2017). Foto: Istimewa/GoBekasi

(Ilustrasi) Staf di SMPN 1 Kota Bekasi memberikan pengarahan kepada para orangtua calon peserta PPDB Online 2017, Selasa (4/7/2017). Foto: Istimewa/GoBekasi

SEBANYAK 56 kursi di SMP Negeri 1 Kota Bekasi masih kosong setelah dilaksanakannya pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring Kota Bekasi tahun 2017.

Ketua Panitia PPDB Online Kota Bekasi Innayatulah mengatakan, masih adanya bangku kosong tersebut bukan disebabkan karena minimnya pendaftar di sekolah yang berada di Kecamatan Bekasi Timur itu.

“Begitu tahap satu tahap dua diselesaikan, hanya SMP 1 yang masih kurang dari 360 daya tampung, masih kurang, kosong,” ungkapnya.

Dirinya tidak menjelaskan secara terperinci penyebab masih adanyak 56 kursi kosong di SMPN 1 Kota Bekasi. Namun, kata dia, kekurangan tersebut terdapat pada tiap jalur pendaftaran.

Pria yang juga menjabat sebagai sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi ini menyatakan, untuk mengisi kekurangan tersebut, maka akan kembali dibuka pendaftaran.

“Untuk SMP 1 itu kan 56 (kursi kosong), itu akan dibuka tanggal 14 Juli, tapi seleksinya, seleksi manual berdasarkan zonasi. Jadi gini, melalui KK (Kartu Keluarga), wilayah tempat,” ungkapnya.

Untuk penerimaan peserta didik tersebut akan dilakukan secara manual dan dititikberatkan dengan jalur zonasi. Artinya, kekosongan tersebut diutamakan bagi masyarakat yang berada di Kecamatan Bekasi Timur.

“Nanti gini, kan nanti diumumkan kekurangan di SMP 1, terus nanti didaftar ulang untuk yang mengisi kekosongan 56 orang itu bisa secara manual dari wilayah Bekasi Timur, nanti dilihat lagi KK nya. Tetap nilainya yang dilihat. (Nilainya) Tergantung yang masuk nanti,” ucapnya.

Untuk sekolah lain, kata dia, sudah tidak dibuka lagi pendaftaran. Karena, wacana perpanjangan waktu dalam PPDB daring yang dibuka pada hari Kamis sampai Sabtu sebenarnya, merupakan pendaftaran tahap dua.

“Jadi sudah kita gabung, menurut jadwal kan tanggal 4 sampai dengan 6 jam 3. Yang kedua, itu tanggal tujuh sampai tanggal delapan sekalian kita perpanjang. Jadi sekarang, 6, 7 dan 8 tahap dua sebenarnya,” tutur pria berkacamata ini.

Diketahui bahwa, sebelumnya Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengeluarkan Intruksi Wali Kota nomor 420/729/Disdik tanggal 6 Juli 2017 tentang Perpanjangan Waktu Pendaftaran PPDB Online Jenjang SD dan SMP tahun 2017/2018.

Jadwal Pendaftaran Tahap I PPDB Daring yang semula tanggal 3 sampai 5 Juli 2017 dirubah menjadi tanggal 4 sampai 6 Juli 2017. Tahap II jalur zonasi yang semula tanggal 10 – 12 Juli dirubah menjadi tanggal 7 sampai dengan 8 Juli. Dan, jadwal lapor diri menjadi tanggal 11 sampai tanggal 13 Juli 2017. Hal tersebut tertulis dalam Surat Edaran Dinas Pendidikan Kota Bekasi nomor 421/5262.Dik.5/2017.

Perpanjangan jadwal pendaftaran PPDB daring tersebut dilatarbelakangi sejumlah hal. Seperti NIK dan PIN peserta tidak terdeteksi server. Disdik terlambat mengantisipasi rayonisasi dan server panitia yang bermasalah.

(neo/pj/gob)



loading...

Feeds

20171121_095837

Kenangan Terakhir dengan Laila Sari

MASIH belum hilang kenangan terakhir Darsih bersama kakaknya, almarhumah Laila Sari. Terlebih, sebelum sang kakak mengembuskan nafas terakhirnya, dia masih …
PPP Tetap Komit Dukung Rahmat Effendi

Sholihin Kokoh Didukungan 17 Kursi

KETUA DPC PPP Kota Bekasi, Sholihin mendapat dukungan lima partai untuk maju pada Pilkada Kota Bekasi 2018 mendatang. Partai-partai tersebut …
JPNN

Shireen Sungkar Minta Doa Masyarakat

PASANGAN artis Shireen Sungkardan Teuku Wisnu belum lama ini merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang keempat. Di momen spesial ini, …