PPDB Online di Kota Bekasi Diperpanjang

(Ilustrasi) Staf di SMPN 1 Kota Bekasi memberikan pengarahan kepada para orangtua calon peserta PPDB Online 2017, Selasa (4/7/2017). Foto: Istimewa/GoBekasi

(Ilustrasi) Staf di SMPN 1 Kota Bekasi memberikan pengarahan kepada para orangtua calon peserta PPDB Online 2017, Selasa (4/7/2017). Foto: Istimewa/GoBekasi

PELAKSANAAN Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring tingkat SMP Kota Bekasi kian carut-marut. Masalahnya tiga faktor. Pertama Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Personal Identity Number (PIN) alias nomor verifikasi peserta yang tidak terdeteksi server panitia.

Kedua, keterlambatan pihak Dinas Pendidikan (Disdik) mengantisipasi rayonisasi dan maraknya calon peserta luar Kota Bekasi yang mengajukan surat perpindahan di waktu yang mepet. Ketiga, server panitia yang bermasalah mengalami down karena banyaknya peserta mendaftar dalam waktu serentak.

Dampak kekisruhan itu, membuat resah para pendaftar yang berasal baik dalam maupun luar Kota Bekasi. Ribuan orangtua murid terkatung-katung dan kelelahan mengurus surat perpindahan rayon, NIK, dan PIN di kantor Disdik.

Melihat kondisi kekacauan PPDB ini, Walikota Rahmat Effendi langsung mengintruksikan memperpanjang waktu pendaftaran PPDB Daring, agar Disdik dan panitia PPDB tingkat TK, SD, dan SMP tahun ajaran baru 2017/2018 melakukan perpanjangan waktu pendaftaran.

Surat Intruksi Walikota bernomor 420 tertanggal 6 Juli 2017 itu berisi dua perintah, memperpanjang waktu pendaftaran PPDB dan mengubah petunjuk teknis penerimaan peserta didik tingkat TK, SD, dan SMP. Sayangnya, soal perpanjangan waktu pendaftaran itu, tidak disebutkan sampai kapan batas akhir pendaftaran PPDB.

Di lapangan, saat ditanya sampai kapan perpanjangan pendaftaran PPDB berlaku, Walikota menjawab diplomatis. “Jika memang dibatasi waktunya untuk PPDB Daring, akan diperpanjang satu minggu agar warga tidak cemas dan dipastikan anaknya masuk sekolah,” ungkap Walikota Rahmat Effendi.

Walikota juga meminta agar Disdik memudahkan dan menyederhanakan pelayanan kepada para peserta. ’’Simplikasikan pelayanan. Jangan bikin sulit warga. Supaya mereka tidak habis waktu, seharian hanya mengurus PPDB,’’ perintahnya. (neo/yay/pj/gob)



loading...

Feeds

Rekom Sutriyono Masih Bisa Dievaluasi

Rekom Sutriyono Masih Bisa Dievaluasi

REKOMENDASI Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) terhadap anggota Komisi IV DPR RI, Sutriyono masih dapat dievaluasi. Demikian …