Banyak Siswa Kota Bekasi Daftar di SMAN Kabupaten Bekasi, Orang Tua Murid Khawatir

(Ilustrasi) Puluhan orang menggeruduk Kantor Kecamatan Tambun Selatan lantaran NIK Kartu Keluarga tidak bisa diakses untuk pendaftaran PPDB Online, Rabu (1/7). (Foto: GoBekasi.co.id)

(Ilustrasi) Puluhan orang menggeruduk Kantor Kecamatan Tambun Selatan lantaran NIK Kartu Keluarga tidak bisa diakses untuk pendaftaran PPDB Online, Rabu (1/7). (Foto: GoBekasi.co.id)

SEJUMLAH orang tua siswa mengeluh lantaran banyak warga Kota Bekasi yang mendaftarkan anaknya ke SMA negeri di Kabupaten Bekasi. Orang tua siswa khawatir kuota untuk warga Kabupaten Bekasi akan berkurang dan persaingan masuk ke sekolah negeri semakin ketat.

Rohadi (45), orang tua siswa mengeluh karena banyak calon siswa asal Kota Bekasi yang mendaftar ke SMA negeri di Kabupaten Bekasi. Ia khawatir NEM siswa Kabupaten Bekasi yang kecil akan kalah bersaing dengan calon siswa dari Kota Bekasi.

“Jadi kebanyakan yang daftar siswa Kota Bekasi itu NEM-nya tinggi sedangkan banyak warga Kabupaten Bekasi NEM-nya berada di bawahnya. Nah ini jadi kekhawatiran kita. Bisa jadi semakin sedikit warga Kabupaten Bekasi yang masuk,” ungkapnya.

Warga Kampung Wates, Desa Kedungjaya, Kecamatan Babelan ini mendaftarkan anaknya di SMAN 1 Babelan dengan NEM 24. Namun karena banyak calon siswa dari Kota Bekasi dengan NEM yang tinggi, ia khawatir anaknya bakal tersingkir.

“Memang NEM itu bukan jaminan anak itu berprestasi, tapi kan syarat masuk ke sekolah negeri pakai NEM. Batas terendah tahun lalu saja masuk ke SMA 1 dan SMA 2 di Babelan minimal NEM-nya kalau tidak salah 25,” katanya.

Rohadi berharap agar Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi memperhatikan jalannya PPDB dan mengutamakan warga Kabupaten Bekasi, agar warga setempat menjadi cerdas.

“Di Babelan itu kan merupakan daerah perbatasan dan jadi incaran juga siswa Kota Bekasi untuk masuk ke sekolah negeri di Babelan, kalau kita sih berharap ada prioritas bagi putra daerah,” ujarnya. (dho/pj/gob)



loading...

Feeds

IMG-20170727-WA0030

SMPN 10 Bekasi Raih Penghargaan

SMP Negeri 10 Kota Bekasi berhasil mendapatkan penghargaan berupa piala “Raksa Prasa Kategori Sekolah Berbudaya Lingkungan” Provinsi Jawa Barat Tahun …