Kawasan Perbatasan Bekasi Rawan Disusupi Gerakan Radikal

(Ilustrasi) Polsek Kedungwaringin bersama TNI mendata warga Desa Karangsambung untuk antisipasi terorisme, Kamis (3/12). (Foto: GoBekasi)

(Ilustrasi) Polsek Kedungwaringin bersama TNI mendata warga Desa Karangsambung untuk antisipasi terorisme, Kamis (3/12). (Foto: GoBekasi)

KABUPATEN Bekasi dinilai rawan munculnya gerakan radikal. Meski terlihat kondusif, namun potensi gerakan radikal tetap ada karena Kabupaten Bekasi merupakan daerah transit.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bekasi, Ahmad Kosasih, mengatakan hasil pantauan pihaknya ada organisasi yang dilarang pemerintah namun tetap eksis di Kabupaten Bekasi. Kata dia, organisasi tersebut berkembang di kampus-kampus.

“Memang itu ada (organisasi terlarang), makanya beberapa waktu lalu kita sudah mengumpulkan sejumlah ormas, dari ormas kepemudaan hingga ormas keagamaan untuk melakukan antisipasinya,” katanya.

Dikatakan Kosasih, di Kabupaten Bekasi sudah beberapa kali ada peristiwa penangkapan teroris, dan yang terbaru di Kecamatan Kedungwaringin. Pihaknya mengaku juga melakukan pemantauan ketempat kejadian.

“Memang tidak banyak yang tahu, hanya penegak hukum saja, Kesbangpol juga sempat ke lokasi dan menanyakan kepada warga,” ujarnya.

Menurut Kosasih, ada beberapa potensi kerawanan yang menjadi perhatian, seperti informasi di media sosial dan beberapa lokasi di Kabupaten Bekasi.

“Jadi laporan terus masuk ke kita, termasuk yang kemarin di Desa Bunibakti juga ada tim kita yang sudah mengecek ke sana,” katanya.

Masih dia, ada beberapa kecamatan yang dianggap rawan disusupi gerakan radikal, terutama kecamatan yang berada di perbatasan dan jauh dari keramaian kota. Seperti Setu, Kedungwaringin dan beberapa kecamatan lainnya.

“Jadi tokoh agama itu harus buat adem dan kalau perlu memberikan ceramah keagamaan untuk keutuhan bangsa,” ujarnya.

(dho/pj/gob)



loading...

Feeds

Deddy-Mizwar-ke-PDIP

Deddy Mizwar Merapat ke PDIP?

KETUA DPW PKS Jabar sekaligus Bakal Calon Wakil Gubernur Jabar, Ahmad Syaikhu menanggapi enteng kehadiran Bakal Calon Gubernur Jabar, Deddy …
Petani Desa Sukakarya. (Foto: Ist)

Malangnya Petani di Sukakarya

SEJUMLAH lahan pertanian di desa Sukalaksana kecamatan Sukakarya, saat ini sudah memasuki musim panen padi. Sebagian warga pun disibukan dengan …