Wah! Praktik Percaloan PPDB di Kabupaten Bekasi Marak

(Ilustrasi) Para orang tua siswa menyerbu kantor Kecamatan Tambun Selatan, Senin (27/6/2016). (Foto: Dokumentasi/GoBekasi)

(Ilustrasi) Para orang tua siswa menyerbu kantor Kecamatan Tambun Selatan, Senin (27/6/2016). (Foto: Dokumentasi/GoBekasi)

PRAKTEK percaloan marak terjadi saat proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Bekasi. Yang mengherankan, secara terang-terangan calo menawarkan jasanya kepada orang tua dengan imbalan sejumlah uang jika calon siswa di terima di sekolah yang diinginkan.

“Saya juga kaget datang jam 06.00 pagi, sudah antre tapi anehnya yang baru datang bisa lebih dulu dilayani. Selain itu juga ada beberapa orang yang mengaku wartawan dan LSM yang menjanjikan untuk bisa menerima anak saya,” ujar Rahmat (38), orang tua calon siswa saat mendatangi SMPN 2 Tambun Selatan.

Kata Rahmat, sekolah yang ditawarkan calo kepada orang tua siswa seperti SMPN 1 Tambun Selatan, SMPN 2 Tambun Selatan dan SMPN 3 Tambun Selatan. Kata dia, orang tua siswa yang ingin menggunakan jasa calo diharuskan membayar hingga Rp5 juta.

”jadi tergantung sekolahnya, dan mereka juga menekan. Sebagai mitra pemerintah dia (calo) mendapatkan jatah dari oknum panitia mendapatkan satu siswa,” katanya.

Asrizal (39), salah satu orang tua siswa tertarik dengan tawaran calo. Alasannya, kata dia, NEM anaknya tidak memenuhi persyaratan masuk sekolah negeri.

”Kalau memang dapat ya rezeki anak saya,” ujarnya seraya mengatakan sudah membayar separo dari harga yang disepakati dengan calo.

Menanggapi maraknya praktik percaloan saat PPDB, Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi hanya mengimbau orang tua siswa agar tidak mudah terpengaruh oleh oknum yang mengaku bisa membantu dengan syarat harus membayar sejumlah uang.

”Kalau jasa-jasa menerima siswa jangan dipercayalah, ini kembali kepada orang tua murid. Ini kan untuk pendidikan sang anak, tolonglah hal ini orang tua harus lebih cerdas dan belajar jujur demi generasi pendidikan,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Sri Riyanti.

(and/pj/gob)



loading...

Feeds

Ariel Tatum dan Ryuji Utomo. (Foto: @ryujiutomo IG)

Aw… Ariel Tatum dan Bek Persija Saling Cium

SETELAH Ariel Tatum mengungkapkan perasaannya, kini gantian Ryuji Utomo yang melakukan hal sama. Berbeda dengan Ariel Tatum yang hanya mengunggah foto tulisan dan sketsa …