4 Kecamatan di Kabupaten Bekasi Ini Paling Diincar Pendatang

Ilustrasi job fair di Kabupaten Bekasi. (Foto: Dokumentasi Radar Bekasi)

Ilustrasi job fair di Kabupaten Bekasi. (Foto: Dokumentasi Radar Bekasi)

KABUPATEN  Bekasi kembali diserbu kaum urban setelah arus balik lebaran tahun ini. Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, ada empat kecamatan yang menjadi target kaum urban.

Empat kecamatan tersebut ialah Tambun Selatan, Cibitung, Cikarang Barat dan Cikarang Selatan. Data itu diketahui berdasarkan laporan dari petugas kecamatan, kelurahan hingga desa.

“Para pendatang ini kebanyakan diajak saudaranya yang lebih dulu kerja di sini. Ini kondisi setiap tahun seperti ini. Kami tidak bisa menolak atau melarang karena itu hak mereka. Namun kami lakukan penyisiran untuk menertibkan mereka yang tidak punya identitas kependudukan,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Ali Sahbana.

Kedatangan kaum urban terpantau di sejumlah titik. Seperti di Terminal Cikarang, stasiun kereta api dan beberapa pool bus. Mereka berasal dari beberapa daerah dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan dan Sumatera.

Sedangkan pendatang dari seputaran Jawa Barat berasal dari Karawang, Cirebon dan Ciamis.

Ali mengaku akan melakukan operasi yustisi untuk mendata perantau. Tujuannya untuk menertibkan pendatang yang tidak memiliki identitas dan tidak memiliki tujuan yang jelas di Kabupaten Bekasi.

“Tujuannya agar mereka yang tidak memiliki kemampuan atau keterampilan agar dapat kembali ke daerahnya untuk berkarya di daerahnya masing-masing,” katanya.

Gelombang arus urbanisasi yang terjadi setiap tahun terkadang menimbulkan persoalan baru. Namun di sisi lain, fenomena tersebut justru menguntungkan pengusaha rumah kontrakan dan kosan.

Tak heran di jika di beberapa kecamatan, usaha kontrakan dan kosan laris manis. Kecamatan yang menjadi lokasi strategis untuk usaha kontrakan seperti di Cikarang Utara, Cikarang Barat, Cibitung, Tambun Selatan dan Cikarang Selatan.

(dho/pj/gob)



loading...

Feeds

(Ilustrasi) Truk sampah milik DKI Jakarta yang rusak dilempar batu. (Foto: Ist)

Lagi, Truk Sampah DKI Dihujani Batu

UNTUK kesekian kalinya, truk sampah DKI Jakarta kembali diserang kelompok misterius di Jalan Raya Narogong. Namun pelemparan kaca truk sampah …