531 Narapidana Lapas Kelas III Cikarang Dapat Remisi

Polisi memberikan bekal berupa materi Pancasila dan warga negara kepada para narapidana Lapas Kelas III Cikarang yang akan bebas, Rabu (25/5/2016). (Foto: Noepri)

Polisi memberikan bekal berupa materi Pancasila dan warga negara kepada para narapidana Lapas Kelas III Cikarang yang akan bebas, Rabu (25/5/2016). (Foto: Noepri)

SEBANYAK 531 narapidana di Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cikarang, mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman, Senin (26/6/2017) Idulfitri 1 Syawal 1438 Hijriah.

“Pemberian remisi ini sebagai ungkapan syukur dan harus memiliki ketentuan-ketentuan sesuai prosedur,” kata Kepala Lapas Kelas III Cikarang, Kadek Anton Budhiharta.

Menurutnya, remisi diberikan kepada warga binaan sebagai bentuk penghargaan karena telah berkelakuan baik selama menjalani massa pidana di Lapas Kelas III Cikarang.

Baca Juga: Ezra Walian Masuk Daftar Timnas U-22 untuk SEA Games 2017

“Dan juga harus memiliki keinginan kuat untuk mengubah kelakuan untuk menjadi lebih baik. Dalam pemberian pengurangan itu ada tim yang bertugas untuk melakukannya,” kata dia.

“Tim ini dari pemerintah pusat maupun daerah, yang melihat tingkah laku dan perbuatan warga binaan,” sambungnya.

Anton menambahkan, dewasa ini Lapas Kelas III Cikarang juga memberikan beberapa kegiatan agar saat keluar dari lembaga pemasyarakatan dan kembali di lingkungan dapat berkembang.

Kegiatan itu, di antaranya membuat sendok atau garpu makan dari daur ulang plastik. Dan juga memberikan segala bentuk ketrampilan agar setelah keluar dapat berwiraswasta.

“Sedangkan untuk warga binaan perempuan lebih diberikan ketrampilan menjahit, memasak, dan lain sebagainya kegiatan perempuan,” tutur Anton.

Ini dirasa penting dan perlu, sebagai bentuk pembekalan sebelum siap untuk kembali berkumpul dengan sanak saudara maupun lingkungan sekitar.

Baca Juga: Inneke Koesherawati Lebaran 2017 tanpa Suami

Lanjut Anton menjelaskan dalam pemberian remisi ini memang sudah menjadi salah satu kegiatan rutinitas tahunan khususnya pada saat Ramadan. (kub/gob)



loading...

Feeds

IMG-20170727-WA0030

SMPN 10 Bekasi Raih Penghargaan

SMP Negeri 10 Kota Bekasi berhasil mendapatkan penghargaan berupa piala “Raksa Prasa Kategori Sekolah Berbudaya Lingkungan” Provinsi Jawa Barat Tahun …