Ketinggian Hilal Sudah Cukup untuk Masuk 1 Syawal

KEPALA Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa berdasar perhitungannya, rata-rata tinggi hilal atau bulan muda saat dirukyat nanti sudah di atas 2 derajat.

“Berkisar di tiga derajat,” ujarnya seperti diberitakan JawaPos.Com. (induk Gobekasi) Dengan demikian, Idulfitri atau 1 Syawal akan sangat mungkin jatuh besok (25/6/2017).

Baca Juga: 24.392 Warga Kota Bekasi Sudah Berangkat Mudik

Lebih lanjut Thomas menjelaskan, tahun ini memang tidak ada perbedaan dalam penetapan 1 Ramadan dan 1 Syawal. Menurutnya, kondisi itu bakal terjadi terus hingga 2021.

Terpisah, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa’adi mengharapkan tidak ada lagi perbedaan tentang penetapan 1 Syawal, terutama pada dua organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam besar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah dan NU.

Baca Juga: Tips Sakti Amankan Rumah yang Ditinggal Mudik

Kalaupun terjadi perbedaan, dia berharap masyarakat bisa menyikapi dengan dewasa, damai dan saling menghargai. “Kedepankan ukhuwah Islamiyah,” kata dia.(cr2/jpg/gob)



loading...

Feeds

(Ilustrasi) Truk sampah milik DKI Jakarta yang rusak dilempar batu. (Foto: Ist)

Lagi, Truk Sampah DKI Dihujani Batu

UNTUK kesekian kalinya, truk sampah DKI Jakarta kembali diserang kelompok misterius di Jalan Raya Narogong. Namun pelemparan kaca truk sampah …