Insyaallah Besok Sudah Idulfitri

ILUSTRASI - Melihat hilal (jpnn)

ILUSTRASI - Melihat hilal (jpnn)

HARI ini (24/6/2017) sangat mungkin adalah akhir Ramadan 1438 Hijriah. Karenanya, 1 Syawal 1438 H atau Hari Raya Idulfitri akan jatuh Minggu besok (25/6/2017).

Namun, Kementerian Agama (Kemenag) meminta masyarakat untuk bersabar. Sebab, Kemenag akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1438 Hijriah.

Rencananya sidang isbat akan digelar hari ini. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Muhamad Thambrin mengatakan, sidang akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Baca Juga: Ketinggian Hilal Sudah Cukup untuk Masuk 1 Syawal

Seperti saat penetapan 1 Ramadan lalu, Kemenag juga menyebar tim pemantau atau perukyat hilal di 77 titik seluruh Indonesia. Mantan kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan (Kalsel) itu menyatakan, ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Sabtu (24/6/2017) pukul 09.32 WIB atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1438 H.

Pada saat rukyat, kata Thambrin, tinggi hilal antara 2-4 derajat. Karenanya tinggi hilal sudah memenuhi kriteria imkanur rukyat, yakni 2 derajat.

Dengan demikian, hampir pasti 1 Syawal jatuh pada 25 Juni. Meski begitu, Thambrin meminta masyarakat bersabar sampai hasil sidang isbat disampaikan secara resmi oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Baca Juga: Para Orang Tua, Tolong Jangan Minta Anak Belajar Saat Liburan

“Sidang isbat ini merupakan perwujudan kekompakan umat Islam di tanah air,” jelasnya di Jakarta, Jumat (23/6/2017) dilansir dari Jpnn.com. (Induk Gobekasi).(cr2/jpg/gob)



loading...

Feeds