Tips Sakti Amankan Rumah yang Ditinggal Mudik

(Ilustrasi) Seorang pengendara sepeda motor melintas di depan rumah salah seorang distributor vaksin palsu, JA di Perumahan Taman Alamanda, Karangsatria, Tambun Selatan, Kamis (21/7). Penghuni rumah diketahui sedang menjalani pemeriksaan di Mabes Polri dalam kasus vaksin palsu CV Azka Medika. (Foto: Raiza/Radar Bekasi)

(Ilustrasi) Seorang pengendara sepeda motor melintas di depan rumah salah seorang distributor vaksin palsu, JA di Perumahan Taman Alamanda, Karangsatria, Tambun Selatan, Kamis (21/7). Penghuni rumah diketahui sedang menjalani pemeriksaan di Mabes Polri dalam kasus vaksin palsu CV Azka Medika. (Foto: Raiza/Radar Bekasi)

MUDIK adalah saat yang dinanti-nanti setiap perantau di mana pun berada, baik di Jakarta maupun Bekasi. Saat mudik, otomatis kita meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Beberapa kasus pernah menimpa rumah kosong saat ditinggal mudik, seperti bencana kebakaran atau yang menjadi target aksi maling spesialis rumsong alias rumah kosong.

Bagaimana agar rumah yang ditinggal pergi dapat aman dan selamat, sehingga dapat mudik dengan hati yang lega? Dari berbagai sumber, gobekasi.co.id menghimpun khusus untuk pembaca setia.

Pastikan cabut gas dan semua steker

Pastikan regulator gas dalam kondisi tidak terpasang pada tabung. Selain itu, cabut semua steker atau colokan yang terpasang pada stop kontak. Pastikan tidak ada perangkat elektronik yang menyala.

Kadang kasus kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik dari perangkat yang belum tercabut.

Nyalakan lampu di  semua ruangan

 Dengan menyalakan lampu rumah, terutama teras dan ruang utama. Akan membuat rumah terkesan berpenghuni dan mengurungkan niat maling untuk menggarap rumah Anda.

Bayangkan ketika rumah Anda gelap gulita, maling dengan mudah menyimpulkan rumah tersebut kosong dan dia mendapat satu keutungan tambahan, yaitu keadaan gelap. Semakin kondusif dia melancarkan aksinya.

Titip tetangga dan sekuriti

 Setidaknya dengan memberitahu tetangga akan menambah mata kita. Mereka akan melaporkan kepada Anda begitu ada gerak-gerik mencurigakan seseorang di sekitar rumah Anda, atau ketika ada masalah di rumah Anda.

Ditambah menitipkan ke sekuriti keliling akan membuat rumah Anda dipantau lebih intensif, terlebih jika kita memberi perhatian lebih kepada si sekuriti sekadar untuk mengopi dan beli roti.

Pasang CCTV palsu

 Kalau belum memasang kamera penginta, Anda dapat membeli kamera pengintai palsu. Bentuk dan ukurannya sama sebagaimana CCTV asli, namun CCTV palsu atau lebih tepat disebut replika tersebut dipastikan tidak dapat merekam apapun.

Peranti ini tersedia di berbagai toko dalam jarigan (online) dalam harga yang terjangkau. Beberapa CCTV palsu menyediakan kabel khusus untuk menyalakan perangkat lampu agar terlihat makin mirip CCTV asli.

Titip kendaraan di kantor polisi

Sebagian besar masyarakat masih enggan menitipkan kendaraan mereka yang ditinggal di rumah. Padahal dengan menitipkan kendaraan, baik motor atau mobil, akan menjamin keamanannya. Polisi juga tidak memungut jasa atas penitipan tersebut.

Kendaraan Anda dapat dititipkan di  kantor Polsek maupun Polres terdekat. Nanti petugas akan meregistrasi kendaraan Anda.

Pasang pengamanan ekstra

 Pasang kunci ekstra pada pintu rumah dan tempat lain di rumah Anda akan membuat pertahanan rumah semakin kuat. Alarm sangat direkomendasikan, terutama alarm yang dapat Anda segera memberikan Anda sinyal darurat ketika rumah Anda diusik.

Namun, dari hal sederhana seperti menambah kunci ekstra pada tiap pintu sudah cukup untuk menyusahkan maling saat berusaha membobol pintu Anda.

Dengan mengikuti tips sakti di atas, akan membuat mudik Anda berkualitas dan tidak waswas akan kondisi rumah yang ditinggal.  (lea/gob)



loading...

Feeds

(Ilustrasi) Truk sampah milik DKI Jakarta yang rusak dilempar batu. (Foto: Ist)

Lagi, Truk Sampah DKI Dihujani Batu

UNTUK kesekian kalinya, truk sampah DKI Jakarta kembali diserang kelompok misterius di Jalan Raya Narogong. Namun pelemparan kaca truk sampah …