Di Wilayah Bekasi Ini Ada Puluhan Rumah Tidak Layak Huni

Salah seorang petugas saat memeriksa kondisi rumah yang akan mendapat program Rutilahu. Sebanyak 20 rumah di kelurahan Perwira mendapat program Rutilahu.

Salah seorang petugas saat memeriksa kondisi rumah yang akan mendapat program Rutilahu. Sebanyak 20 rumah di kelurahan Perwira mendapat program Rutilahu.

SEBANYAK 20 kepala Keluarga (KK) di Kelurahan perwira Kecamatan Bekasi Utara, tahun ini mendapat program bedah rumah atau program rumah tinggal laik huni. Program tersebut mulai di kerjakan pada Juli mendatang.

Ke 20 rumah tersebut, sebelumnya sudah di lakukan pemeriksaan oleh Badan kesewadaan Masyarakat (BKM) dan Lembaga Pemberdayaan masyarakat (LPM) kelurahan Perwira. Setelah diperiksa, warga tersebut laik mendapat bantuan program Rtilahu.

Salah satu syaratnya yang harus dipenuhi untuk mendapatkan program tersebut yakni, rumah mereka berada di tanah milik sendiri. Selain itu, rumah yang ditempati tidak laik huni sehingga butuh perbaikan.

“Kalau warga tersebut mengajukan program ini, tapi rumah yang ditempatinya berada diatas lahan milik Negara, kami pasti akan menolaknya dan tidak diterima,” kata Lurah Perwira, Suryadi saat di mintai komentar oleh Radar Bekasi, kemarin Kamis (22/6/2017).

Lanjutnya, untuk warga yang rumahnya sudah di periksa oleh pihak BKM dan LPM, bantuan tersebut kan di berikan setelah hari raya idul fitri. Untuk saat ini warga Perwira sebanyak 20 rumah yang akan mendapat bantuan dari Program Rutilahu.

“Saya harap bantuan tersebut bisa mengurangi rumah warga yang tidak laik huni. Saat ini diwilayah Perwira ada 93 unit rumah warga yang tersebar di beberapa RW itu tidak laik huni, dari yang tidak berlantai, dinding, atap kurang baik, dan tidak memiliki MCK,” terangnya.

Menurutnya, program tersebut sangat membantu khususnya untuk masyarakat kurang mampu. Sehingga, rumah warga yang tidak laik huni menjadi laik untuk ditempati.

“Saya juga sangat berterimakasih dengan BKM dan LPM yang sudah bekerja sangat teliti dan berkomitmen mendahulukan warga yang memang membutuhkan, saya meminta BKM dan LPM lebih bersinergi lagi dalam membangun warga sekitar,” putusnya.

(cr33/pj/gob)



loading...

Feeds