Warga Desa Karangasih Datangi Kantor Kejari Kabupaten Bekasi, Ada Apa?

(Ilustrasi) Kantor Kejaksaan Negeri Cikarang, Cikarang Pusat. (Foto: Dokumentasi/GoBekasi)

(Ilustrasi) Kantor Kejaksaan Negeri Cikarang, Cikarang Pusat. (Foto: Dokumentasi/GoBekasi)

WARGA Desa Karangasih, Kecamatan Cikarang Utara mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Selasa (20/6/2017). Tujuan mereka yakni memberikan dukungan moral ke penegak hukum dalam menyelidiki dugaan kegiatan fiktif yang menggunakan anggaran APBD sebesar Rp1,5 miliar.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Karangasih, Sofian Hasyim, mengatakan warga ingin memastikan kejaksaan menindaklanjuti laporan masyarakat soal dugaan penyimpangan penggunaan anggaran tersebut. Karena warga sudah melaporkan dugaan tersebut sejak sekitar tiga minggu yang lalu.

“Warga berharap laporan tersebut benar-benar disikapi oleh kejaksaan, karena jujur kalau laporan ini tidak ditindaklanjuti, kami akan datang secara beramai-ramai ke kejaksaan ini,” ungkapnya.

“Laporan di antaranya dugaan kegiatan fiktif yakni anggaran pembangunan irigasi pemasangan jembatan saluran sebesar Rp50 juta, tapi pekerjaannya tidak ada. Kemudian anggaran pembinaan kerukunan umat beragama yang dalam laporan pertanggungjawaban kepala desa dilaksanakan sebanyak dua kali, tapi yang kami ketahui kegiatan tersebut sama sekali tidak pernah dilaksanakan, di mana anggarannya sebesar kurang lebih Rp90 jutaan,” lanjutnya.

Sofian menduga ada anggaran kegiatan lain yang di-markup oleh oknum atas perintah kepala Desa (kades) Karangasih. Kegiatan tersebut seperti pembinaan organisasi perempuan, pemberdayaan kebersihan dan keindahan lingkungan, pembinaan keamanan, pembangunan jalan desa, pembangunan sarana dan prasarana fisik kantor, pembangunan sarana air bersih, serta kegiatan penyusunan APBD dan pertanggungjawabannya.

“Dari uraian laporan yang kami sebutkan itu semua dilengkapi dengan data sebagai bentuk alat bukti kepada kejaksaan, dan yang perlu diketahui hampir semua warga yang menandatangani pernyataan dukungan untuk melaporkan kepala Desa Karangasih ini,” terangnya.

(and/pj/gob)



loading...

Feeds