Pendaftaran Beasiswa di Arab Saudi Dibuka

Universitas Imam Abdulrahman Bin Faisal (PPMI Arab Saudi for JawaPos.com)

Universitas Imam Abdulrahman Bin Faisal (PPMI Arab Saudi for JawaPos.com)

Kabar gembira bagi para pemburu beasiswa di tanah air. Salah satu universitas di Arab Saudi yang terletak di kota Dammam Provinsi Timur, yaitu Universitas Imam Abdulrahman Bin Faisal resmi membuka pendaftaran beasiswa untuk tahun ajaran pendaftaran 1438-1439 H atau 2017-2018 .

Imam Khairul Annas dari PPMI Arab Saudi mengatakan, Universitas Imam Abdulrahman Bin Faisal, membuka beberapa program Studi Islam dan umum. Memang, tidak semua fakultas bisa dimasuki oleh mahasiswa luar Arab Saudi, khususnya Fakultas Kedokteran.

Fakultas Umum yang tersedia di antaranya Fakultas Teknik Komputer, Teknik Mesin, Bisnis, Arsitektur, Perminyakan. Untuk program Studi Islam ada dua Fakultas yang tersedia yaitu Fakultas Syariah Wal Qonun dan Tarbiyah (Tarbiyah Umum dan Quran Psikologi).

Dalam proses pembelajarannya sendiri, bagi mahasiswa yang mengambil jurusan umum tidak diharuskan bisa “mahir” untuk berbahasa Arab, karena bahasa Arab hanyalah bahasa pengantar seperti untuk pengajuan pendaftaran beasiswa yang semuanya harus berbahasa Arab. Bahasa yang ditekankan adalah bahasa Inggris.

Karena ketika memasuki Sanah Takhdhiriyyah (Tahun Persiapan) nilai Bahasa Inggris sangat mempengaruhi nilai yang lain. Dengan akumulasi dalam GPA, Bahasa Inggris memiliki 7 poin, sedangkan pelajaran lain hanyalah 3 poin.

Untuk Jurusan Agama maka itu mutlak diwajibkan bisa berbahasa Arab. ‘‘Bila log in pada website-nya jangan lupa klik pada Submit a request for External Grants and Scholarship. Setelah itu masukkan nomor Paspor lalu isi data pribadi selanjutnya,’’ papar Imam. Setelah selesai mendaftar, diharapkan untuk menyimpan nomor registrasinya, bagi yang serius bisa menghubungi [email protected], guna menindak lanjuti pengajuan berkas bagi mahasiswa Indonesia. (ina/JPG/gob)



loading...

Feeds