Perbaikan PJU di Kabupaten Seharusnya…

PJU di Jalan Kalimalang. (Foto: Raiza/Radar Bekasi)

PJU di Jalan Kalimalang. (Foto: Raiza/Radar Bekasi)

PENGGUNA jalan yang biasa melintas di Tambun Selatan hingga Kedungwaringin dan di sepanjang Jalan Raya Kalimalang harus ekstra hati-hati. Karena Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bekasi baru mulai memperbaiki Penerangan Jalan Umum (PJU) pada beberapa hari sebelum lebaran.

“Kondisi lampu di sekitar Kabupaten Bekasi memang banyak yang mati. Dari data yang kita himpun sebelum melakukan perbaikan ada ratusan PJU yang mati,” kata Kepala Bidang Pertamanan dan PJU pada DPKPP Kabupaten Bekasi, Andi Suhandi.

Kata Andi, PJU yang padam disebabkan beberapa hal. Seperti korsleting listrik terkena air hujan, panel lampu yang rusak, MCB mati, dan ball lamp yang putus.

“Sifatnya kita perbaikan sementara, yang penting ribuan lampu yang ada di tiga ruas nyala semua,” ujarnya.

Untuk menjaga kondisi lampu penerangan jalan saat arus mudik nanti, kata Andi, pihaknya akan menurunkan sembilan petugas untuk mengawasi dan memperbaiki jika ada PJU yang tiba-tiba padam.

“Keseringaan PJU mati itu karena panelnya rusak. Karena satu panel itu apabila rusak bisa 30 tiang PJU yang mati, dan kalau hujan MCB juga bisa korsleting. Oleh sebab itu kita kerahkan petugas piket untuk memastikan pemudik yang melintas di Kabupaten Bekasi terang tidak gelap,” ucapnya.

Sementara itu, Sekjen Forum Studi Mahasiswa untuk Kemanusiaan dan Demokrasi (FSMKD), Hasan Basri, mengatakan perbaikan dan pemeliharaan PJU seharusnya tidak dilakukan saat jelang arus mudik saja. Tapi dilakukan setiap saat.

“Kondisi terang itu jangan hanya pas saat mudik melainkan setiap saat, karena kalau terang bisa mencegah tindak kejahatan, sehingga wilayah Bekasi lebih aman,” katanya. (and/pj/gob)



loading...

Feeds