Hmmm… IMB Gedung Pemkab Bekasi Tercecer karena Ini

Meski gedung perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah berdiri lebih dari 10 tahun namun belum juga memiliki IMB. Bahkan lahan yang digunakan belum disertifikasi.Foto:Raiza/Radar Bekasi

Meski gedung perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah berdiri lebih dari 10 tahun namun belum juga memiliki IMB. Bahkan lahan yang digunakan belum disertifikasi.Foto:Raiza/Radar Bekasi

KOMISI I DPRD Kabupaten Bekasi heran dengan kerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Karena dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB) komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasi tercecer.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Yudhi Darmansyah, persoalan itu karena adanya kelalaian dari ASN dan OPD terkait yang tidak mampu menjaga arsip negara.

”Itu bukti kepemilikan negara, kenapa bisa tidak ditemukan?,” tanyanya.

Yudhi berencana mengundang dinas terkait untuk membahas soal IMB gedung milik Pemerintah Kabupaten Bekasi.

”Ini seharusnya yang perlu dipaparkan. Karena aset itu juga perlu diketahui asal muasalnya serta bentuk dokumen-dokumen yang menjadi dasar kepemilikan yang sah,” katanya.

Menurut Yudhi, persoalan IMB seharusnya menjadi masalah sepele. Namun karena dokumen perizinannya tercecer dan tidak bisa ditemukan, sehingga muncul persepsi adanya kelalaian dan tidak bertanggungjawab.

”Ini menarik untuk dirapatkan. Karena jangan sampai lalai dengan masalah aset. Biar bagaimanapun dokumentasi IMB juga merupakan aset, saat ini pemda sedang menyoroti perizinan salah satu perusahaan yang tidak memiliki IMB, kan menjadi aneh kalau kita (pemerintah) tidak memilikinya,” ungkapnya.

”Ini akan kita bahas di internal komisi I, supaya menjadi pembahasan komisi untuk menyikapinya,” tambahnya.

Sebelumnya, berkas IMB gedung perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi tidak bisa ditemukan secara utuh. Pasalnya, setelah beberapa hari dicari, berkas perizinan tersebut tidak juga ditemukan.

“IMB milik pemda itu kan per blok. Contohnya blok A terbagi gedung A1-A5. Nah itu IMB-nya satu blok,” ujar Kepala Seksi Penerbitan Tata Ruang dan Bangunan pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bekasi, Anton, beberapa waktu lalu.

Anton mengaku hanya menemukan beberapa berkas IMB dari beberapa blok gedung perkantoran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Sedangkan sisanya secara utuh belum diketahui. Ia menepis kalau dokumen IMB tersebut hilang.

“Kita sudah cari beberapa hari belakangan, karena saat itu kantor kita pindah sehingga dokumen-dokumen penting ada yang tercecer, tapi tetap masih ada di sini berkasnya. Nanti kita akan coba cari lagi,” katanya. (and/pj/gob)



loading...

Feeds

(Ilustrasi) Truk sampah milik DKI Jakarta yang rusak dilempar batu. (Foto: Ist)

Lagi, Truk Sampah DKI Dihujani Batu

UNTUK kesekian kalinya, truk sampah DKI Jakarta kembali diserang kelompok misterius di Jalan Raya Narogong. Namun pelemparan kaca truk sampah …