Wali Kota Bekasi Klarifikasi Rumah Sakit Penolak BPJS

WALI Kota Bekasi Rahmat Effendi, melakukan klarifikasi dibeberapa rumah sakit yang diindikasikan menolak pengguna kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehata, Kamis  (15/6/2017).

Klarifikasi yang menggandeng lembaga profesi diluar kepemerintahan, diantaranya Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bekasi dr. Kamarudin Askar, Pengurus Asosiasi Rumah Sakit Swasta (ARSSI) Kota Bekasi dr. Irawan Heriyanto.

Wali Kota Bekasi bersama Asda II Kariman, Asda III Dadang Hidayat, Sekretaris Dinas Kesehatan, mengatakan semua rumah sakit tidak membeda-bedakan pelayanan dan tidak ada alasan bagi pengelola rumah sakit swasta untuk menolak pengguna kartu BPJS Kesehatan dan pengguna kartu sejenisnya.

Wali Kota Bekasi mengharapkan agar pihak rumah sakit dapat membuat krinologis kejadian “Buat kronologis dan kirim ke saya, kami kesini bukan untuk menghakimi kami ingin mendengar makanya saya bawa Ketua IDI dan Pengurus Arsi kesini” ujarnya.

Rahmat juga menuturkan jika ruang NICU di salah satu rumah sakit swasta memang dalam keadaan penuh, bukan menolak karna menggunakan BPJS Kesehaan, Rumah sakit swasta tersebut harus membantu untuk memberikan rujukan ke rumah sakit lain.

“Kedepannya mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik, dan kita juga akan membuat tim agar yang diharapkan oleh masyarakat antara Hak dan Kewajiban bisa terpenuhi, Kita juga mengaharapkan pelayanan rumah sakit jangan sampai mengecewakan masyarakat karena memang diperuntukkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat” pungkasnya.

“Kita selalu koperatif dengan program pemerintah dan tidak pernah menolak pasien pengguna kartu BPJS dan Kartu Sehat yang telah diluncurkan oleh pemerintah Kota Bekasi beberapa waktu lalu, ” tambah salah satu pihak Manajemen Rumah Sakit.

Untuk di ketahui, sebelumnya warga Kota Bekasi, Reny Wahyuni (40) Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi yang sedang hamil usia 8 bulan yang harus segera dilakukan tindakan, ditolak oleh tujuh rumah sakit di Kota Bekasi dengan alasan ruang ICU (Intensive Care Unit) penuh. (adv/hms/gob)



loading...

Feeds