Wakil Bupati Bekasi Pantau Kinerja PNS

Ilustrasi/Bupati Neneng Hasanah Yasin halal bihalal usai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri. Foto: Dokumentasi/GoBekasi

Ilustrasi/Bupati Neneng Hasanah Yasin halal bihalal usai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri. Foto: Dokumentasi/GoBekasi

WAKIL Bupati (Wabup) Bekasi Eka Supriatmaja mengakui masih ada Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi yang malas bekerja. Untuk menyelesaikan persoalan itu, ia akan melakukan inspeksi mendadak ke kantor beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

”Terkait kedisiplinan ketika memimpin apel sudah saya sampaikan masalah kedisiplinan dan tanggung jawab kerja demi mencapai suatu program yang sudah direncanakan,” ujarnya saat ditemui Radar Bekasi (grup gobekasi.co.id) di kantornya, Kamis (15/6/2017).

Eka yang baru dilantik jadi kepala daerah pada Mei kemarin ini mengatakan, kepala dinas harusnya member contoh yang baik kepada bawahannya. Jika kepala daerahnya saja jarang masuk kerja, maka bukan tidak mungkin tindakan itu akan dicontoh anak buahnya.

”Kebetulan saya kan baru sebulan dilantik, tentu ke depan bakal banyak tugas-tugas yang kami jalankan. Namun dalam hal ini sangat berpengaruh kepada masing-masing personal ASN. Oleh sebab itu dalam waktu dekat saya akan turun ke lapangan untuk memantau kinerja ASN,” kata mantan ketua DPRD Kabupaten Bekasi ini.

Sementara itu, akademisi Unisma Bekasi, Adi Susila, mengatakan budaya malas kerja di lingkungan ASN harus diubah. Perlu ada tindakan tegas sebagai pelecut agar ASN yang malas ngantor menjadi jera.

”Masalah ini bisa diubah tergantung bagaimana kebijakan kepala daerahnya. Karena program kepala daerah atau janji kampanye tidak bakal berjalan atau tercapai apabila ASN-nya malas bekerja,” katanya saat dihubungi.

Menurut Adi, tercapainya janji politik saat kampanye bisa dilihat ketika memimpin daerah dan pegawai.

”Jadi budaya malas itu sebenarnya bisa diubah bila kepala daerahnya tegas dan berani memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

(and/pj/gob)



loading...

Feeds