Disdik Kota Bekasi Diminta Bentuk Tim Saber Pungli Khusus PPDB Online

Ilustrasi.

Ilustrasi.

UNTUK menghindari adanya praktik pungli dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2017 nanti, Komisi IV DPRD Kota Bekasi meminta Dinas Pendidikan (Disdik) membentuk tim sapu bersih (saber) pungli.

Pasalnya, Proses PPDB Daring 2017 Kota Bekasi disinyalir masih terbuka lebar terjadinya praktik pelajar titipan maupun pungutan liar (pungli). Demikian ditegaskan sekretaris Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Daddy Kusrady kepada Radar Bekasi, Senin (12/6/2017) kemarin.

Dia menegaskan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi tak menyalahi aturan dalam menjalankan mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring 2017 Kota Bekasi.”Tidak dipungkiri praktik pungli terjadi meskipun sistem ketahanan dari PPDB Daring begitu ketat. Tapi, itu terlalu dini kalau langsung mengambil langkah pembentukan saber pungli,” katanya.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) harus melakukan pengawasan secara ketat terhadap penyerapan proses PPDB Daring Kota Bekasi. Sedikitnya terdapat dua jalur pendafataran, yakni jalur akademik dan jalur afirmasi. Sementara, untuk jumlah persentasi kuota pada PPDB Daring Kota Bekasi adalah jalur prestasi 10 persen, jalur afirmasi 20 persen, dan jalur akademik 70 persen.

Daddy mengaku, tak bisa menyentuh lebih dalam ketika proses PPDB Daring sudah berjalan. Ia mempercayakan kepada Disdik Kota Bekasi supaya menjalankan proses penerimaan sesuai dengan jalur yang sudah ditentukan.

“Sesuai dengan on the track saja. Kalau nanti di perjalanan ternyata terindikasi ada yang keluar dari track, baru kita selidiki lebih lanjut,” kata dia.

Terpisah, Walikota Bekasi Rahmat Effendi menilai tidak perlu mendatangkan tim saber pungli PPDB Daring selama masih ada tim pengawasan sekolah dari Disdik Kota Bekasi. Menurutnya jika memang dalam perjalanannya terdapat bukti kuat terjadinya pungli, ia mempersilahkan pihak eksternal membentuk tim saber pungli.

“Untuk persoalannya kan kecermatan menghadapi persoalan. Kalau memang ada persoalan dengan bukti yang kuat, silahkan saja saber masuk itu luar biasa,” tandas dia.

(yay/pj/gob)



loading...

Feeds

(Ilustrasi) Truk sampah milik DKI Jakarta yang rusak dilempar batu. (Foto: Ist)

Lagi, Truk Sampah DKI Dihujani Batu

UNTUK kesekian kalinya, truk sampah DKI Jakarta kembali diserang kelompok misterius di Jalan Raya Narogong. Namun pelemparan kaca truk sampah …