10 PTN Penerima Peserta SBMPTN Terbanyak

Ilustrasi Mahasiswa. (Foto: JPNN.com)

Ilustrasi Mahasiswa. (Foto: JPNN.com)

JUMLAH peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) lewat jalur Bidikmisi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Bila tahun lalu hanya disiapkan 60 ribu, tahun ini meningkat menjadi 80 ribu.

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik.

Menurut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, jumlah peserta Bidikmisi tahun ini melebih kuota yakni 80 ribu. Itu sebabnya tahun depan, pemerintah meningkatkan jumlah menjadi 90 ribu.

“Peminat Bidikmisi sangat banyak. Tahun ini dari 80 ribu yang disiapkan, sudah melebihi kuota,” kata Nasir di kantornya, Senin (12/6).

Untuk menangani kelebihan kuota, Menteri Nasir memberikan keleluasaan kepada masing-masing PTN membuat kebijakan agar mahasiswa yang tidak mampu dan memenuhi syarat bisa ter-cover.

“Bisa menggunakan sumber daya dari luar, misalnya kerja sama dengan pihak swasta, alumni, dan lainnya,” ujarnya.

Adapun 10 PTN yang menerima peserta SBMPTN Bidikmisi terbanyak adalah Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Malikussaleh, Universitas Halu Oleo, Universitas Negeri Semarang, Universitas Trunojoyo, Universitas Jember, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sementara itu, PTN yang menerima calon mahasiswa terbanyak dari jalur SBMPTN 2017 yakni Universitas Brawijaya (UB). PTN di Malang ini menjadi penampung terbanyak dengan menerima 4.176 calon mahasiswa.

Berikut 10 PTN penerima calon mahasiswa terbanyak dari jalur SBMPTN 2017:

1. Universitas Brawijaya (UB) sebanyak 4.176 orang

2. Universitas Nusa Cendana (Undana) sebanyak 4.122

3. Universitas Negeri Padang (UNP) sebanyak 4.022

4. Universitas Padjajaran (Unpad) sebanyak 4.020

5. Universitas Diponegoro (Undip) sebanyak 3.546

6. Universitas Udayana (Unud) sebanyak 3.470

7. Universitas Indonesia (UI) sebanyak 3.467

8. Universitas Sumatera Utara (USU) sebanyak 3.415

9. Universitas Sebelas Maret (UNS) sebanyak 3.351

10. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebanyak 3.221

(jpnn/pojoksatu/pj/gob)



loading...

Feeds

(Ilustrasi) Truk sampah milik DKI Jakarta yang rusak dilempar batu. (Foto: Ist)

Lagi, Truk Sampah DKI Dihujani Batu

UNTUK kesekian kalinya, truk sampah DKI Jakarta kembali diserang kelompok misterius di Jalan Raya Narogong. Namun pelemparan kaca truk sampah …