Jelang Mudik Lebaran 2017, Pemkab Bekasi Tambah 12 CCTV di Jalan Utama

Petugas Dishub Kabupaten Bekasi mengatur lalu lintas di perempatan SGC, Cikarang Utara. Di lokasi ini dipasang kamera pangawas. Foto:Raiza/Radar Bekasi

Petugas Dishub Kabupaten Bekasi mengatur lalu lintas di perempatan SGC, Cikarang Utara. Di lokasi ini dipasang kamera pangawas. Foto:Raiza/Radar Bekasi

MENJELANG arus mudik lebaran 2017, Pemerintah Kabupaten Bekasi menambah jumlah kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) di 12 Jalan Utama Pantura maupun Jalan alternatif Kalimalang.

Tujuan dari pemasangan CCTV ini untuk mengawasi dan untuk mengurai kepadatan lalu lintas. “Kita akan tambah CCTV di lokasi yang dilintasi pemudik,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi, Suhup.

Dari 12 lokasi yang terkontrol oleh CCTV di beberapa jalan utama di Kabupaten Bekasi. Kata Supup, salah satunya ada di simpang Jurong dan persimpangan Sentra Grosir Cikarang (SGC).

“Rencananya, pemasangan CCTV itu akan dilakukan dijalur yang dilewati pemudik mulai dari batas Kota Bekasi hingga batas Kabupaten Karawang,” ucapnya.

Suhup menjelaskan, dengan adanya penambahan CCTV ini beberapa titik rawan kemacetan bakal mendapat pengawasan ketat. Penambahan kamera pengawas dimaksudkan untuk mempermudah penanganan apabila terjadi kemacetan parah.

Baca Juga: Luna Maya Sudah Siap Donor untuk Jupe, Eh Dilarang Dokter

“Kita juga akan koordinasi dengan Polres Metro Bekasi,” ujarnya.

Selain menambah jumlahnya, tambah dia, Dishub akan meningkatkan kualitas teknologi kamera yang tersedia. Salah satunya yakni kamera otomatis yang dapat melaporkan setiap kepadatan yang terjadi di jalan.

“Tidak sebatas memberi kenyamanan bagi pengendara, pemasangan CCTV dilakukan untuk alasan keamanan. Kamera pengintai itu akan ditempatkan di sejumlah titik rawan kejahatan, terutama di sejumlah jalur alternatif yang kerap terjadi aksi pembegalan,” katanya.

Suhup mengatakan, di wilayahnya terpantau ada 22 titik jalur macet yang bakal dilintasi pemudik di jalur utama Pantura Bekasi-Karawang. Di antaranya perempatan Indoporlen, Pasar Tambun, perempatan pengairan, perempatan SKU Pasar Induk Cibitung, Rumah Sakit Medika, Terminal Kalijaya, SGC, dan Lemahabang.

“Jalur rawan macet itu juga akan kita siagaan petugas Dishub untuk membantu memperlancar lalulintas,” ujarnya. (dho/pj/gob)



loading...

Feeds